skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id

Kanopi Baja Ringan Vs Besi, Mana yang Terbaik?

Kanopi baja ringan maupun besi cukup populer untuk menjadi elemen tambahan pada rumah, guna membuat hunian lebih teduh dan estetik.

Kedua material tersebut sering dipilih untuk kanopi karena memiliki keunggulan, seperti tahan lama dan mudah dalam perawatan.

Namun, sering kali ada pertanyaan, material mana yang lebih baik antara baja ringan atau besi jika digunakan untuk kanopi.

Sebelum menentukan akan menggunakan material apa, berikut ini spesifikasi baja ringan dan besi yang akan membantu Anda untuk menilai bahan mana yang sesuai kebutuhan.

Kanopi Besi

Tipe ini biasanya menggunakan rangka kanopi besi hollow, sehingga memiliki tampilan yang cukup sederhana dan mudah dalam pemasangannya. Kekuatan kanopi besi terharap angin maupun gempa pun cukup baik.

Namun, di balik kelebihannya ini, ada beberapa kelemahan dari kanopi jenis ini. Seperti lebih rentan terhadap karat, sehingga perlu dilapisi cat anti karat yang tentunya membutuhkan dana tambahan. Selain itu, harga kanopi besi cenderung lebih mahal.

Kanopi Baja Ringan

Sesuai dengan namanya, material ini lebih ringan. Selain itu, rangka kanopi baja ringan ketebalannya cukup tipis. Meskipun demikian, bukan berarti baja ringan tidak kokoh.

Justru sebaliknya. Bahan bangunan ini memiliki beragam keunggulan. Seperti kokoh, tegangan tarik yang baik, tahan karat dan api, serta hampir tidak mengalami muai maupun susut.

Artinya, daripada dari material besi, kanopi baja ringan memiliki usia lebih panjang. Menggunakan material ini pun akan lebih hemat. Karena selain harga baja ringan yang lebih ekonomis daripada besi hollow, Anda juga tidak perlu membeli cat anti karat untuk mencegah timbulnya proses oksidasi tersebut.

Kendati demikian, baja ringan juga bukan material yang sangat sempurna. Seperti perlu ketelitian lebih dalam pemasangannya agar tidak ambruk. Selain itu, karena memiliki banyak sambungan untuk membentuk struktur yang kokoh dan dapat menopang beban di atasnya, membuat tampilan baja ringan kurang menarik.

Itulah perbandingan antara kanopi baja ringan dan besi yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih satu di antara keduanya. Pada dasarnya, bagus atau tidaknya suatu material, tergantung dari kebutuhan pemakainya.

Jika Anda lebih mempertimbangkan kekokohan dan umur dengan biaya murah, maka baja ringan adalah pilihan bijaksana. Sebaliknya, apabila tampilan yang lebih Anda pertimbangkan, mungkin Anda bisa memilih kanopi besi.

Back To Top
×Close search
Search