Kusen Baja Ringan Vs Aluminium, Lebih Bagus Mana?

Selain atap, kusen baja ringan juga memiliki cukup banyak peminat. Begitu pula dengan aluminium, yang tidak hanya dimanfaatkan untuk peralatan dapur. Material ini pun diaplikasikan untuk kusen pintu dan jendela.

Mengingat keduanya merupakan bahan yang tahan terhadap korosi, sering kali konsumen bingung untuk memilih baja ringan atau aluminium.

Kendati demikian, ada beberapa faktor yang dapat Anda pertimbangkan ketika harus memilih antara keduanya. Apa saja itu?

Tingkat Kekokohan

Entah untuk kusen atau elemen bangunan lainnya, baja ringan diklaim sebagai bahan yang kokoh. Karat, rayap, dan bahkan api tidak mudah membuat material ini rusak atau hancur.

Sama seperti aluminium yang tahan karat, rayap, bahkan cuaca panas maupun dingin. Sehingga material ini pun awet jika digunakan untuk kusen.

Meskipun keduanya sama-sama diklaim kuat, tetapi baja ringan bisa dibilang lebih unggul. Sebab, jika dilihat dari massa jenisnya, aluminium memiliki massa jenis sekitar 2700 kg/m3. Berbeda dari baja ringan yang lebih tinggi. Itulah mengapa, material baja ringan diklaim lebih unggul dalam menopang beban.

Tampilan

Kekuatan baja ringan memang tidak perlu diragukan lagi. Tetapi dari segi tampilan, bahan bangunan ini dinilai kaku.

Berbeda dengan aluminium yang memberi kesan modern jika diterapkan. Sehingga material ini cocok untuk kusen rumah minimalis. Bahkan kusen aluminium dapat menghasilkan pencahayaan yang baik, terutama jika tidak dicat.

Harga Kusen Baja Ringan dan Aluminium

Berbicara tentang harga, kusen aluminium cukup merogoh kocek meskipun tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan.

Pun demikian jika menggunakan material baja ringan. Sebenarnya selisih harga antara keduanya memang tidak banyak. Tetapi semua tergantung jenis kualitas bahan yang digunakan.

***

Pada dasarnya, kusen baja ringan bisa dibilang sesuatu yang baru dalam beberapa tahun ini, namun cukup populer. Sama halnya dengan penggunaan aluminium untuk kusen.

Jika diminta untuk menentukan harus memilih di antara keduanya, sebenarnya tidak terlalu sulit. Semua tergantung dari kebutuhan. Apabila lebih mementingkan soal kekuatan, material baja ringan bisa dipilih. Sebaliknya, kusen aluminium dapat Anda pilih jika ingin tampilan tidak terkesan kaku.