skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id

Jenis-jenis Metal untuk Bahan Furnitur

Belakangan berbagai jenis metal tidak hanya digunakan sebagai material konstruksi bangunan. Bahkan furnitur pun menggunakan bahan ini.

Selain ketahanannya, metal atau logam juga tidak kalah estetik dari kayu atau bahan lain yang biasa digunakan untuk furnitur.

Ingin tahu informasi lebih banyak? Berikut ini merupakan jenis-jenis metal yang cocok digunakan untuk bahan furnitur.

Stainless Steel (SS)

Merupakan campuran dari karbon, besi, kromiun, dan besi lainnya, stainless steel merupakan salah satu jenis metal yang cocok untuk furnitur. Hal ini karena sifatnya yang tahan karat dan pengeroposan.

Biasanya, material ini sering dimanfaatkan untuk kitchen set karena sifatnya yang tahan karat. Terutama stainless steel 304 yang dikenal sebagai  SS food grade.

Alumunium

Tampilannya memang serupa dengan stainless steel. Namun material ini lebih ringan serta memiliki kekuatan yang lebih rendah.

Harganya yang cenderung lebih murah, membuat aluminium sering digunakan sebagai pengganti baja dan stainless steel.

Alumunium tidak berkarat. Kendati demikian, material ini tidak tahan terhadap cuaca, sehingga risiko terjadinya korosi lebih tinggi serta cat juga lebih mudah pudar.

Baja Ringan

Jenis metal ini pun dapat digunakan sebagai bahan pembuatan furnitur. Khususnya sebagai kerangka kitchen set. Sedangkan penutupnya masih mengandalkan ACP (Alumunium Composite Panel).

Keuntungan menggunakan baja ringan atau galvalum sebagai kitchen set tentu karena lebih ringan, tahan korosi, tahan raya, dan kokoh.

Besi

Besi yang biasanya digunakan untuk mebel ada beberapa jenis, yaitu besi tempa dan hollow. Ciri khas dari besi tempa adalah karakternya yang sangat padat dan kokoh.

Sementara besi hollow memiliki rongga. Meskipun demikian, material ini juga tidak mudah mengalami korosi serta mudah dirawat.

Jika besi tempa biasanya tidak dipadukan dengan material lain, berbeda dengan besi hollow. Karena material ini perlu dipadukan dengan bahan lain seperti kayu. Contohnya dalam pembuatan mebel meja atau kursi yang sering ditemukan di cafe.

Tak sedikit jenis metal yang dapat dimanfaatkan untuk membuat furnitur, seperti stainless steel, aluminium, baja ringan, hingga besi.

Semua material tersebut tentu memiliki keunggulan, seperti lebih kokoh dan akan lebih awet. Anda dapat memperoleh bahan berkualitas tersebut melalui produsen maupun distributor material terpercaya dan berpengalaman. Khususnya untuk keperluan mebel.

Back To Top
×Close search
Search