skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id

Solusi Cerdas Atasi Atap Bocor

Kekhawatiran akan atap bocor sering kali dialami oleh beberapa orang. Terutama saat musim hujan tiba. Dimana hal ini akan membuat penghuni kurang nyaman. Dan jika tidak segera diatasi, hunian menjadi  lebih lembab dan meningkatkan risiko struktur tempat tinggal bagian atas semakin rapuh.

Namun sebelum mengatasi atap bocor, ada beberapa faktor penyebab masuknya air hujan ke dalam rumah, di antaranya:

  • Cuaca ekstrem. Misalnya saat matahari sedang terik, namun beberapa waktu kemudian tiba-tiba turun hujan. Hal inilah yang akan meningkatkan risiko rusaknya rangka atau penutup atap, terutama jika material yang digunakan kurang berkualitas.
  • Sudut kemiringan. Sudut kemiringan atap memengaruhi turunnya air hujan, sehingga tidak ada kesempatan untuk merembes ke dalam bangunan.
  • Pemasangan atap. Pemasangan atap yang kurang rapi dan meninggalkan rogga atau celah juga akan meningkatkan risiko atap rumah bocor.
  • Pemilihan penutup atap. Kualitas penutup atap juga dapat memengaruhi atap rumah rawan terhadap kebocoran atau tidak.

Cara Mengatasi Atap Bocor

Berdasarkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko rumah bocor, ada beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu sebagai berikut.

Penggunaan Waterproofing

Terutama pada bangunan dengan atap dak, Anda dapat menggunakan pelapis anti air (waterproofing). Pengaplikasiannya dapat dilakukan pada da yang kering.

Tujuan dari penggunaan bahan pelapis ini untuk memperkecil pori-pori dalam struktur atap dak, sehingga akan lebih kedap terhadap air.

Pengaturan Ulang Genteng

Terkadang, posisi genteng dapat berubah, salah satunya karena hempasan angin kencang. Itulah mengapa, sebelum hujan turun secara tiba-tiba, cek atap secara berkala.

Jika perlu, Anda juga dapat memasang paku pada reng yang letaknya di bawah genteng supaya dapat menahan laju genteng yang akan merosot.

Kemiringan atap pun perlu diperhatikan. Dimana ketika menggunakan penutup atap keramik atau dari tanah liat, setidaknya kemiringan yang digunakan adalah 30 derajat.

Teknik Pemasangan Atap

Mengingat sedikit celah saja dapat meningkatkan risiko kebocoran, maka teknik pemasangan atap memang perlu diperhatikan.

Pastikan atap terpasang dengan rapi tanpa meninggalkan rongga. Atau jika dibutuhkan, pilih tukang bangunan berpengalaman dan kualitasnya sudah terjaga.

Seperti ketika atap rumah Anda menggunakan rangka baja ringan dan penutup atap genteng metal. Dalam pemasangannya, kesalahan harus diminimalisir. Karena bukan hanya menjadi penyebab atap rumah bocor. Tetapi juga meningkatkan risiko ambruknya atap.

Pemilihan Penutup Atap

Bukan sekadar mempercantik fasad rumah. Penutup atap juga diharapkan mampu melindungi bangunan bagian dalam, terutama dari kebocoran.

Itulah mengapa, penting untuk memilih material penutup atap yang berkualitas, sudah ber-SNI, atau bahkan bergaransi. Contohnya seperti atap gelombang KR-5 Kencana.

Selain mampu tahan terhadap cuaca apapun lantaran terbuat dari perpaduan aluminium, seng, dan silikon, atap ini memiliki alur pengaman dan overlapping yang saling mengunci. Sehingga tidak akan ada lagi rembesan air hujan yang menetes ke dalam bangunan.

Sebelum mengatasi atap bocor, memang perlu diketahui apa menyebabkan air hujan bisa masuk bebas ke dalam bangunan. Setelah penyebabnya diketahui, Anda dapat dengan mudah mencari solusi tepat untuk mengatasi kebocoran.

Back To Top
×Close search
Search