skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id

Cara Menghitung Kebutuhan Hollow Baja Ringan untuk Plafon

Hollow baja ringan tidak hanya digunakan sebagai rangka partisi, melainkan juga plafon. Penggunaan material ini untuk plafon pun dapat dikatakan lebih efisien dan tepat sasaran dan tepat sasaran. Hal ini mengingat proses pemasangannya cepat dan hasilnya pas.

Sejalan dengan hal tersebut, menghitung kebutuhan rangka hollow untuk plafon penting dilakukan guna memprediksi banyaknya dana yang harus dikeluarkan.

Untuk menghitung kebutuhan material ini pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Selain oleh ahli, penghitungan juga dapat Anda lakukan sendiri.

Langkah Menghitung Kebutuhan Rangka Hollow Baja Ringan

Sebelum menghitung kebutuhan rangka hollow, hitung terlebih dahulu ukurang ruangan yang akan dipasang plafon. Contohnya adalah 4×6 m. Untuk plafon, biasanya ukuran hollow dengan panjang 4m/batang yang digunakan adalah 4×4.

Adapun jarak pemasangan rangka hollow biasanya adalah 60cm untuk ukuran memanjang.Untuk cross, dipasang 3 baris di tengah. Sementara pada dinding harus dipasang rangka yang mengelilingi ruangan terlebih dahulu.

  • Rangka yang mengelilingi dinding = (4 + 6) x 2 = 20m.
  • Jumlah rangka per 60cm (0,6m) adalah (6 / 0,6) = 10 baris. Jadi, untuk panjangnya yaitu = 10 x 4m = 40m.
  • Jumlah cross rangka hollow adalah 3 x 6 = 18m.

Melalui perhitungan di atas, maka panjang total kebutuhan rangka hollow baja ringan untuk ruangan berukuran 4 x 6 adalah 20m + 40m + 18m = 78m.

Karena setiap batang hollow panjangnya 4m, dapat disimpulkan bahwa kebutuhannya yaitu 78m / 4m = 19,5 batang. Atau dapat dibulatkan menjadi 20 batang hollow.

Itulah cara menghitung kebutuhan rangka hollow baja ringan untuk plafon dengan contoh ruangan berukuran 4 x 6.

Mengingat plafon selain memperindah ruang, juga membantu untuk mengurangi panas serta meredam suara bising, maka pemilihan material penting untuk dilakukan.

Dalam hal ini, hollow baja ringan Kencana merupakan pilihan tepat karena memiliki banyak keunggulan. Seperti ukuran dan ketebalan yang presisi, tahan karat dan rayap, sambungan kuat, memiliki profil ang membuatnya lebih kaku, serta terbuat dari material asli baja lapis zinc-aluminium.

Back To Top
×Close search
Search