skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id

Apa Keunggulan Atap Cremona Baja Ringan?

Dalam teknik sipil, cremona merupakan metode penyelesaian gaya-gaya dengan cara grafis. Kemudian istilah ini juga dikenal pada model rangka atap baja ringan.

Atap cremona sendiri cocok untuk bangunan yang fungsional dan minimalis. Hal ini mengingat bentuknya yang sederhana, menarik, serta kuat. Kekuatan yang dimilikinya karena struktur sangat baik dan melalui penghitungan yang teliti.

Strukturnya yang kompleks dan cukup rumit pun membuatnya memiliki kekuatan lebih baik daripada rangka double.

Bentuk Rangka Atap Cremona

Bentuk atap cremona ini dapat dikatakan seperti tangga. Dimana pada satu rangka terdiri dari 2 batang baja ringan, kemudian seperti terhubung oleh batang pendek seperti bentuk tangga. Selain itu, terdapat batang diagonal di antara bagian yang lebih pendek.

Karena struktur dan bentuk yang demikian, tidak heran jika rangka ini sangat kuat. Terlebih lagi telah diukur secara teliti.

Kelebihan Rangka Cremona

Bukan hanya kekuatannya, ada beberapa keunggulan dari rangka atap yang dibentuk menggunakan metode ini, yaitu sebagai berikut.

  • Tampilan Menarik

Salah satu kelebihan dari rangka ini adalah strukturnya lebih rapi, sehingga tampilannya terlihat lebih menarik.

Bahkan karena tampilannya tersebut, tidak jarang jika rangka cremona sering diekspos atau tanpa perlu penutup tambahan.

  • Dapat Diaplikasikan pada Berbagai Jenis Bangunan

Keunggulan lain dari rangka atap ini yaitu dapat diaplikasikan untuk berbagai bentuk konstruksi bangunan, termasuk kanopi rumah.

Begitu pula untuk bangunan utama maupun pabrik, dapat menerapkan rangka atap yang dibuat dengan metode cremona.

Pada dasarnya, cremona memang cukup unggul jika diterapkan pada rangka atap. Terlebih lagi disebut-sebut memiliki kekuatan yang bagus, tampilannya menarik, serta fleksibel untuk berbagai tipe bangunan.

Namun, mungkin untuk merangkainya perlu penghitungan yang teliti atau dapat menggunakan software untuk mengurangi kesalahan.

Selain terkait penerapan model rangka dan penghitungan, pemilihan material baja ringan pun perlu dipertimbangkan.

Pilih bahan berkualitas yang sudah terjamin seperti baja ringan Kencana. Sebab material ini selain sudah ber-SNI juga dilengkapi dengan garansi.

Back To Top