skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id

Awas, 4 Kesalahan Ini Membuat Baja Ringan Berkarat!

Baja ringan berkarat menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan bagi mereka yang akan menggunakan material ini untuk konstruksi rumah atau bangunan lainnya.

Sebab selain membuat tampilannya kurang menarik, karat yang dibiarkan terus, akan menyebar dan berisiko membuat bangunan lebih rapuh.

Meskipun sebenarnya baja ringan memiliki lapisan pelindung, ada beberapa kesalahan seperti berikut ini yang membuatnya cepat berkarat. Apa saja itu?

Tergores Alat Kerja

Goresan pada baja ringan karena alat kerja akan membuat lapisan pelindung akan terbuka. Bagian yang tidak terlindung tersebut pun akan mudah bersinggungan dengan oksigen. Inilah yang disebut sebagai proses oksidasi.

Melalui proses yang terjadi antara oksigen dan zat kimia tersebut lah kemudian terjadi karat pada pada baja ringan.

Jika sudah terlanjur terjadi goresan karena alat kerja atau sambungan baja ringan, maka segera gunakan cat anti karat untuk mencegah karat menyebar.

Terkena Larutan Asam

Larutan asam sangat reaktif saat bersinggungan dengan permukaan baja ringan. Karena ketika hal ini terjadi, coating atau pelapis material ini akan mengelupas dan berisiko menimbulkn karat.

Biasanya, cairan yang bersifat asam terdapat pada produk pembersih lantai maupun keramik. Karena itu, jangan meletakkan baja ringan di dekat bahan yang mengandung asam.

Terkena Air Semen

Selain larutan asam, baja ringan berkarat bisa diakibatkan oleh air semen. Hal ini karena ketika air semen menempel pada permukaan material, terjadi reaksi kimia yang merusak coating.

Untuk mencegahnya, lindungi permukaan baja ringan ketika proses pembetonan atau ketika mengaduk semen.

Hindari pula untuk mengaplikasikan adonan semen pada karpus atau genteng nok langsung di atas baja ringan. Ketika akan melakukannya, sebaiknya lindungi baja ringan dengan lapisan kedap air lebih dulu.

Pengaruh Cuaca

Baja ringan bisa dikatakan bukan material eksterior dan diciptakan dapat tahan pada terpaan cuaca ekstrem, baik hujan maupun panas secara masif.

Seperti kita tahu, pergantian cuaca yang yang tidak menentu dan berlangsung secara cepat meningkatkan risiko rusaknya coating. Sehingga proses korosi, termasuk timbulnya karat mudah terjadi.

Guna mencegahnya, baja ringan dapat diletakkan pada ruang tertutup serta terhindar dari panas dan hujan. Jangan pasang material ini saat musim hujan.

Selain itu, apabila pemasangan baja ringan dilakukan di area dengan cuaca ekstrem, pilih bahan dengan garansi pelapis terjamin. Paling tidak tebal pelapis adalah 200 gram/m2.

Pada dasarnya, risiko baja ringan berkarat akan semakin meningkat ketika terjadi kesalahan-kesalahan kerja seperti di atas. Untuk itulah, hindari faktor-faktor yang dapat merusak permukaan material logam tersebut. Selain itu, pilih bahan dengan jaminan kualitas dan mutu terpercaya seperti baja ringan Kencana.

Back To Top
×Close search
Search