skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id

Model Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang yang Estetik

Kanopi baja ringan menjadi salah satu elemen biasanya ditemukan pada rumah minimalis. Meskipun ada beberapa yang tidak menggunakannya.

Secara terminologis, kanopi bisa diartikan sebagai tirai atau langit-langit yang biasanya diletakkan di teras. Peran unsur bangunan ini sendiri sebenarnya sama dengan atap rumah. Tetapi kanopi cenderung menjadi pelindung tambahan dan bahkan sebagai pemanis hunian.

Namun, sebelum memutuskan untuk memasang kanopi di rumah, beberapa hal berikut ini perlu diperhatikan.

  • Luas lahan yang akan ditutupi kanopi. Sebagai contoh, pada rumah tipe 42/90, setidaknya ada lahan terbuka pada bagian depan seluas 30 m2. Tidak hanya lebar dan panjang saja yang perlu diperhatikan. Desain, terutama untuk kanopi tanpa tiang pun demikian.
  • Bahan yang akan digunakan, baik untuk rangka maupun atap (penutup). Pilih material berkualitas seperti baja ringan ber-SNI untuk mengurangi risiko terburuk.
  • Penentuan jarak reng pun perlu dilakukan. Jika menggunakan atap metal, maka jarak reng hanya 40 cm. Berbeda apabila memilih jenis atap spandek yang ukurannya lebih lebar. Maka jaraknya lebih lebar dan rangka baja ringan yang digunakan lebih sedikit.

Terkait model, kanopi baja ringan ada yang menggunakan tiang maupun tanpa tiang. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tetapi jika rumah berdiri di atas lahan yang sempit, maka kanopi tanpa tiang adalah pilihan tepat. Sebab tipe ini akan memberikan kesan luas pada bangunan.

Adapun bebeapa model kanopi baja ringan tanpa tiang yang dapat diterapkan di rumah Anda di antaranya:

Model Flat

Jenis kanopi ini cukup banyak digunakan karena modelnya yang sederhana, namun tetap elegan. Fungsinya pun tetap maksimal.

Kanopi Baja Ringan
Kanopi Baja Ringan Tipe Flat (Sumber: Pinterest)

Untuk tipe ini, biasanya genteng dari bahan polycarbonan sering digunakan. Dengan beragam warna dan variasi, tidak heran jika material ini populer.

Menariknya, model kanopi flat tidak hanya digunakan sebagai garasi mobil atau pelindung teras dari segala cuaca. Jenis ini pun sering kali dimanfaatkan sebagai atap penghubung antar gedung yang letaknya berdekatan.

Model Mono Pitch

Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang
Kanopi Model Mono Pitch (Sumber: Google)

Meskipun diterapkan pada kanopi baja ringan tanpa tiang, model ini akan memberikan kekuatan. Khususnya jija kanopi dipasang pada satu tempat penopang.

Adapun kekuatan tumpuan berupa segitiga dinilai lebih ideal dibandingkan dengan kanopi model flat. Tidak heran jika desain ini banyak diterapkan. Terlebih lagi bagi pemilik bangunan yang lebih mengutamakan kekuatan kanopi.

Pada dasarnya, kanopi baja ringan tanpa tiang cocok untuk diterapkan pada rumah minimalis yang berdiri di lahan terbatas. Sebab tipe ini akan memberikan kesan luas.

Adapun beberapa model kanopi tanpa tiang yang sering digunakan, yaitu model flat dan model mono pitch.

Back To Top