skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id

Berapa Kebutuhan Hollow Baja Ringan untuk Partisi?

Penggunaan hollow baja ringan semakin meluas, terutama untuk interior bangunan. Tidak hanya plafon, material ini pun dimanfaatkan untuk partisi atau dinding pemisah.

Beragam alasan mengapa baja ringan nyaris selalu dipilih untuk kebutuhan konstruksi. Hal tersebut karena keunggulan yang dimilikinya, seperti tahan karat, tahan rayap, kokoh, dan masih banyak lagi.

Bahkan, hollow yang digunakan untuk partisi juga menguntungkan, karena selain pemasangannya cepat, dana yang dikeluarkan juga dapat diminimalisir.

Terkait hal tersebut, menghitung kebutuhan hollow baja ringan untuk partisi penting dilakukan. Tujuannya untuk memprediksi biaya yang harus dikeluarkan. Tidak harus dilakukan oleh ahli, penghitungan ini juga bisa dilakukan sendiri dengan cara berikut.

Cara Menghitung Kebutuhan Hollow Baja Ringan

Sebelum melakukan penghitungan, ukur bagian ruangan yang akan dipasang partisi. Sebagai contoh, terdapat ruangan dengan tinggi 3 meter. Kemudian partisi yang akan dipasang memiliki panjang 3 meter seperti pada gambar di bawah ini.

Dinding Partisi
Contoh Rangka Partisi (doc. PT Kencana Maju Bersama)

Umumnya, jarak pemasangan hollow adalah 1 meter sesuai contoh gambar di atas. Kemudian untuk membuat partisi lebih kokoh, dibutuhkan rangka hollow ukuran 4x 4, dipasang secara horizontal serta membagi tinggi dinding menjadi 2 bagian. Jika dilihat di gambar, jaraknya adalah 1,5 m ke atas maupun ke bawah.

Berapa batang baja ringan yang dibutuhkan untuk dinding partisi?

Seperti diketahui, satu batang rangka baja ringan memiliki panjang 6 meter. Maka untuk partisi ukuran 3 x 3 m, dibutuhkan:

  • Rangka luar partisi = (4 x panjang sisi partisi) / 6 = (4 x 3 m) / 6 = 12 m / 6 = 2 batang hollow
  • Rangka dalam partisi = [(2 x panjang rangka) + rangka yang membagi tinggi partisi] / 6 = [(2 x 3m) + 3] / 6 = 9 / 6 = 1,5 batang baja ringan.

Melalui contoh penghitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa partisi ukuran 3 x 3 m membutuhkan hollow baja ringan sebanyak 3,5 batang.

Tertarik untuk menggunakan material ini? Agar lebih awet, pastikan untuk memilih rangka baja ringan yang kualitasnya terjamin. Seperti baja ringan Kencana yang telah ber-SNI dan memiliki garansi.

Back To Top
×Close search
Search