skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id

Cara Memasang Nok Atap Metal, Lurus Tanpa Benang!

Nok atap metal sering kali dianggap hanya memiliki peran kecil. Bahkan, elemen satu ini pun kurang pendapat perhatian khusus.

Padahal, keindahan atap bukan hanya sekadar pemilihan warna atau jenis bahan penutupnya saja. Keberadaan Nok atau rabung pun akan berpengaruh pada tampilan atap. Dalam hal ini, nok atap yang terpasang dengan rapi dan lurus, akan membuat fasad lebih estetik.

Itulah mengapa, trik pemasangan nok atap agar lebih lurus perlu dilakukan. Tidak perlu menggunakan benang, Anda pun sudah bisa melakukannya dengan beberapa tips yang dikutip dari YouTube Didi ATS.

Pemotongan Genteng Metal

Sebelum pemasangan nok atap metal dimulai, pastikan genteng pada area bubungan dan jurai atap sudah dipotong, diluruskan, serta dirapatkan.

Selain agar lebih presisi, tujuannya untuk mencegah kebocoran dari sambungan antar genteng bawah nok. Terutama saat hujan ekstrem yang disertai angin kencang.

Pemasangan Rangka Baja Ringan

Untuk pemasangan jurai atap atau nok miring pada atap model limas, bisa dipasang rangka. Hal ini bertujuan untuk membantu meluruskan dalam pemasangan nok.

Adapun material baja ringan yang bisa digunakan adalah wall angle atau siku plafon atau hollow plafon 2 x 4 cm atau bisa juga dari reng.

Pemasangan Sekrup

Agar nok terpasang dengan kuat, pada tepian bawah nok, pasang sekrup pada rangka yang telah diatur sebelumnya.

Adapun sekrup tersebut tidak perlu diberi silicone sealant karena tidak kontak langsung dengan genteng metal.

Pemasangan Bubungan

Untuk bagian bubungan, pasang langsung nok di atas permukaan genteng. Kemudian sekrup dipasang bersamaan mengenai genteng dan as reng puncak atap yang telah diatur sebelumnya sesuai lebar nok yang digunakan.

Berbeda dengan jurai, pada bubungan silicon sealant diperlukan untuk mencegah potensi masuknya air hujan melalui kepala sekrup.

***

Pada dasarnya, memasang nok atap metal dengan rapi dan lurus tidak harus menggunakan benang. Bahkan, rangka baja ringan pun bisa dimanfaatkan.

Agar tak hanya estetik dan elemen ini lebih awet, pemilihan material nok atap perlu dipertimbangkan.

Nok genteng metal KENCANA dalam hal ini adalah pilihan tepat. Tidak hanya terbuat dari material berkualitas dan terjamin, produk ini pun memiliki beragam warna yang membuatnya semakin estetik.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search