skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id

Istilah Konstruksi Baja Ringan yang Sering Digunakan, Sudah Tahu?

Konstruksi baja ringan dalam beberapa tahun belakangan ini sedang naik daun. Berkat keunggulannya, bangunan dengan struktur material tersebut bisa dibilang semakin menggeser popularitas kayu.

Selama digunakan untuk kebutuhan rangka atap, rangka plafon, dinding, hingga lantai, muncul istilah-istilah tentang baja ringan. Terkadang istilah tersebut sudah umum diketahui. Namun sering kali, tak sedikit orang yang masih asing.

Sebagai contoh, masyarakat yang baru pertama kali beralih dari kayu ke baja ringan, mungkin akan bertanya soal, “apa itu TCT?” atau “apa itu BMT?”.

Selain kedua istilah tersebut, ada beberapa kata lainnya yang akan sering muncul. Berikut ini adalah ulasan yang akan membantu Anda dalam memahaminya.

  1. Coating

Istilah yang biasanya disebut substrat ini merupakan penutup yang diterapkan pada permukaan suatu benda (lapisan anti karat).

  1. Corrosive/korosif

Kosofif adalah sifat suatu subtantsi yang dapat menyebabkan benda lain hancur atau memperoleh dampak negatif seperti pelapukan.

  1. Truss

Istilah yang sering terdengar ini maksudnya adalah rangka penyangga atap atau bisa juga diartikan sebagai jembatan, dan lain sebagainya.

  1. BMT

Merupakan singkatan dari Base Metal Thickness, yang dapat diartikan sebagai ketebalan dasar baja sebelum dilapisi unsur Aluminium dan zat lainnya.

  1. TCT

Total Coating Thickness ini berarti ketebalan baja setelah diberi lapisan coating. Biasanya, penambahannya sekitar 0,02 hingga 0,03 mm dari BMT. Sehingga setelah dihitung menggunakan sigmat atau jangka sorong, dari tebal 0,25 BMT, akan menghasilkan 0,27 sampai 0,28 mm.

  1. Kuda kuda

Ini merupakan rangka batang yang berfungsi untuk mendukung beban atap, termasuk beratnya sendiri dan sekaligus dapat memberikan bentuk pada atapnya.

  1. Pengaku

Disebut pula sebagai bracing, ini berarti pengaku-pengaku yang mutlak diperlukan supaya seluruh kuda kuda dapat bekerja sebagai satu sistem rangka atap baja ringan.

  1. Top Chord (TC)

Istilah ini berarti batang yang berada di sisi atas kuda kuda. Pada batang ini, biasanya ditempatkan reng.

  1. Bottom Chord (BC)

Sesuai dengan namanya, batang ini berada di sisi bawah kuda kuda dan biasanya ditempatkan plafon serta penggantungnya.

  1. Web

Adalah batang-batang penghubung BC dan TC, fungsi utamanya adalah untuk memperkuat dan mendistribusikan beban. Sehingga semua beban yang bekerja pada kuda kuda dapat ditopang dengan baik.

  1. Gording

Adalah balok atap sebagai pengikat sebagai penghubung kuda kuda.

  1. Reng

Berikuran kecil, fungsinya sebagai penahan penutup atap.

  1. Overstek

Komponen atap ini tanpa penyangga yang menempel pada dinding luar bangunan.

***

Itulah beberapa istilah dasar konstruksi baja ringan yang sering ditemukan. Semoga bermanfaat!

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search