skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Taman Di Atas Atap

Wujudkan Taman di Atas Atap dengan Dak Lantai Baja Ringan

Taman di atas atap (rooftop garden) menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi keterbatasan lahan di area rumah atau bangunan lain.

Tak hanya membuat hunian menjadi lebih unik. Keberadaan taman di atas atap juga membantu menyerap gas beracun, kemudian menyaringnya untuk menjadi udara segar.

Tetapi, untuk menciptakan rooftop garden, tentu memerlukan banyak pertimbangan. Seperti struktur dan konstruksi dak lantai atau floordeck yang harus spesifik dan kuat karena bukan hanya menyangga beban sendiri. Beban dari tanah, tanaman, air, hingga manusia yang berada di taman atap pun ditopang.

Dalam hal ini, dak lantai baja ringan merupakan salah satu pilihan tepat untuk menggantikan beton konvensional yang menggunakan bekisting multiplek maupun kayu.

Pengertian Dak Lantai Baja Ringan

Dak berarti pembatas antara lantai bawah dan bagian atas. Sementara itu, istilah dak lantai baja ringan lebih mengarah pada pembatas dengan material metal.

Biasanya, bentuk floordeck bergelombang dan memiliki tonjolan atau dikenal dengan embossement yang fungsinya untuk mencegah pergeseran beton dan risiko retak rambut.

Setidaknya ada empat fungsi dari floordeck atau yang juga dikenal sebagai bondek ini. Di antaranya yaitu sebagai bekisting, tulangan positif, lantai kerja, dan plafon.

Apa Keunggulan Floordeck untuk Taman di Atas Atap?

Jika dibandingkan dengan sistem konvensional yang menggunakan bahan multiplek saja, dak baja ringan memiliki keunggulan. Terutama saat digunakan untuk rooftop garden, yaitu:

  • Kebutuhan volume beton dapat dikurangi, karena terpotong volume cekungan profil dari
  • Meminimalisir penggunaan volume besi tulangan, karena bondek juga berfungsi sebagai tulangan.
  • Mengingat proses pelaksanaan tanpa perlu dibongkar seperti saat menggunakan bekisting multipleks atau kayu, maka aplikasinya lebih mudah dan cepat.
  • Pengeluaran lebih ekonomis karena kebutuhan tulangan hanya satu lapis.

Tips Memilih Material Dak Lantai untuk Taman di Atas Atap

Mengingat beban yang ditopang cukup besar, pemilihan material dak lantai untuk rooftop garden tentu perlu diperhatikan. Setidaknya ada beberapa cara untuk menentukan matrial mana yang berkualitas baik, yaitu terkait massa lapisan, kekuatan tarik minimum, hingga ketebalan material.

Ecodeck KENCANA adalah satu di antara banyaknya floordeck dengan kualitas baik. Selain kokoh, material ini pun memiliki sistem overlapping, sehingga membuatnya lebih aman dari bocor saat dilakukan pengecoran.

Keberadaan rusuk-rusuk pengaku pada produk Ecodeck juga menguntungan karena membuat rangka konstruksi lebih kokoh. Dengan lebar mencapai 1.000 mm pun membuat pemakaian material lebih efisien.

***

Pada dasarnya, pemilihan material untuk pembuatan taman di atas atap perlu dipertimbangkan. Terkait hal tersebut, Ecodeck KENCANA merupakan pilihan terbaik karena selain kokoh, juga dapat membantu menekan biaya pembangunan.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
×Close search
Search