skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Rumah Kontainer

Lahirkan Hunian Ala Rumah Kontainer dari Bahan Metal

Tren rumah kontainer tampaknya semakin digemari, mengingat konsep hunian satu ini cukup unik dan praktis. Tak menggunakan bahan bangunan pada umumnya, hunian ini justru menggunakan peti kemas baru atau pun bekas.

Memang konsep rumah kontainer memiliki beragam keunggulan, seperti tidak memerlukan IMB karena dinilai bukan bangunan tetap, kokoh, serta harganya yang relatif terjangkau.

Namun di sisi lain, hunian dari kontainer juga memiliki kekurangan, yaitu mudah terpengaruh oleh efek suhu karena terbuat dari logam. Selain itu, lokasi pengirimannya terbatas (perlu truk beroda 10 untuk mengangkut) serta ukuran telah ditentukan.

Lalu, bagaimana jika ingin memiliki hunian seperti rumah kontainer, tetapi dengan ukuran sesuai keinginan dan berada di area yang jalanannya cukup sempit?

Apabila kondisinya seperti itu, alternatif yang dapat dilakukan adalah membangun rumah seperti pada umumnya. Kemudian menggunakan bahan metal untuk memperkuat kesan ‘kontainer’ pada bangunan.

Keunggulan Bahan Metal untuk Hunian Ala Rumah Kontainer

Seiring dengan perkembangan zaman, dunia konstruksi terutama terkait dengan bahan bangunan turut berubah. Dalam hal ini, penggunaan material dari metal atau logam bisa dibilang semakin digandrungi. Termasuk bagi mereka yang ingin menciptakan hunian ala rumah kontainer.

Sebab, bahan metal, khususnya yang terbuat dari material Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS), memiliki berbagai keunggulan, seperti:

  • Tahan terhadap korosi, termasuk karat karena dilapisi dengan Aluminium, Seng, dan unsur-unsur lain.
  • Bobotnya yang ringan, sehingga memudahkan dalam pengangkutan dan pemasangan.
  • BjLAS diklaim sebagai material yang dapat memantulkan panas, sehingga dapat menjadi solusi untuk menghemat listrik.
  • Cocok digunakan di daerah rawan gempa karena bobotnya yang ringan.
  • Awet dan ekonomis, mengingat bahan metal dari BjLAS ini tahan korosi, tidak merambatkan api, sehingga bangunan tak sering direnovasi.

Tips Memilih Bahan Metal untuk Rumah Ala Peti Kemas

Tak harus menggunakan peti kemas, BjLAS pun merupakan material yang pas untuk melahirkan hunian ala rumah kontainer.

Namun sebelum menggunakannya, pilih bahan metal dari material BjLAS yang sudah terjamin kualitasnya. Seperti Ecospan atau Ecotrim, produk KENCANA yang tidak hanya cocok diaplikasikan utuk atap, tetapi juga dinding atau biasa disebut sebagai cladding.

Menggunakan ZINIUM, produk BjLAS yang sudah ber-SNI, dilengkapi ISO, dan memiliki garansi, mutu serta kualitas Ecospan dan Ecotrim tentu dapat dipertanggung jawabkan.

Tidak hanya tahan terhadap korosi, karat, rayap, maupun api, kedua produk KENCANA tersebut dilengkapi dengan sistem tumpangan (overlapping). Alur kapiler yang saling mengunci pun terdapat pada keduanya, sehingga mampu melindungi bangunan dari kebocoran.

Menariknya lagi, jika Anda mengaplikasikan atap menggunakan produk KENCANA, garansi material selama 10 tahun bisa didapatkan.

***

Pada dasarnya, tidak harus menggunakan peti kemas untuk menciptakan hunian ala rumah kontainer. Penggunaan bahan metal seperti Ecospan dan Ecotrim yang merupakan produk KENCANA pun dapat dilakukan.

Tidak hanya membuat hunian tampak unik. Kedua material tersebut juga memiliki beragam keunggulan, seperti ketahanan terhadap korosi, tahan api, rayap, dapat memantulkan panas, serta meminimalisir terjadinya kebocoran.

Back To Top
×Close search
Search