skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Usaha Warkop

Tips Buka Usaha Warkop dengan Modal Minimalis Pakai Baja Ringan

Berbagai konsep untuk usaha warkop atau warung kopi mulai menjamur, baik di kota besar dan beberapa daerah di Indonesia.

Karena seperti kita tahu, kini warkop bukan hanya menjual kopi dan menu minuman lain atau makanan saja. Penerapan desain unik serta suasana yang nyaman pun sering kali menjadi salah satu strategi pemasaran pemilik agar warungnya ramai pengunjung.

Masalahnya, untuk membuat desain warkop yang menarik, sebagian orang menilai akan membutuhkan modal tak sedikit. Padahal, ada cara untuk menyiasatinya.

Penggunaan baja ringan dan bahan metal adalah salah satu solusi untuk meminimalkan modal sekaligus membuat fasad warung kopi tampak estetik.

Mengapa Harus Baja Ringan?

Ada alasan tersendiri mengapa baja ringan disebut-sebut sebagai material bangunan yang dapat meminimalkan budget, yaitu karena beragam keunggulan yang dimilikinya.

Seperti baja ringan yang tahan terhadap korosi (karat), lantaran terbuat dari bahan Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS). Bahkan karena ketahanan ini, tak perlu mengganti material hingga puluhan tahun jika kondisi lingkungan normal. Artinya, dana renovasi dapat dipangkas.

Pemasangan baja ringan relatif lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan material kayu. Mengingat waktu akan lebih efisien, berarti biaya jasa tukang bangunan bisa diminimalisir.

Penggunaan bahan metal, khususnya yang terbuat dari BjLAS, untuk sebuah konstruksi pun akan menguntungkan.

Sebab, BjLAS diklaim sebagai material yang dapat dapat memantulkan panas. Sehingga dapat menjadi salah satu solusi untuk menghemat listrik, terutama dalam penggunaan AC atau kipas angin. Hal ini juga berarti biaya pembangunan dapat ditekan.

Aplikasi Baja Ringan dan Bahan Metal untuk Usaha Warkop

Seperti pada rumah, baja ringan dapat digunakan untuk rangka atap, rangka partisi, atau pun tiang penyangga kanopi warung kopi.

Agar tampilan lebih estetik bak gaya bangunan industrial serta memangkas biaya, konsep atap ekspos dapat diterapkan. Maksudnya, bagian plafon ditiadakan.

Ilustrasi Atap Metode Cremona (Sumber foto: KKA)

Dalam hal ini, penerapan metode cremona pada pemasangan rangka atap dapat digunakan supaya tampak lebih rapi.

Gunakan pula insulasi yang efektif meredam panas, seperti produk KENCANA Insulation yang dilaminasi reflection foil pada kedua sisi atas dan bawah. Produk ini memiliki R value hingga 15.4 serta reduksi suhu 20 sampai 30 derajat celsius.

Agar lebih estetik, padukan rangka dengan produk penutup atap seperti produk Ecospan KENCANA jika jarak gording semakin jauh. Sementara jika jarak gording lebih sempit, produk KR5 atau Ecotrim dapat dipilih.

Untuk bagian dinding (cladding), atap metal berbahan BjLAS dapat digunakan juga agar warkop dengan tampilan lebih menarik dengan biaya minimalis bisa terwujud.

***

Itulah tips membuka usaha warkop yang tak hanya memiliki fasad estetik, biaya pembangunannya pun lebih minim.

Meskipun berorientasi pada dana yang minim, tetapi pastikan untuk tidak lalai dalam pemilihan material. Selalu gunakan produk KENCANA agar bangunan lebih kokoh, tahan lama, tanpa menguras kantong!

Back To Top
×Close search
Search