skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Untuk Kanopi

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan untuk Kanopi Teras Rumah

Cara menghitung kebutuhan baja ringan untuk kanopi memang tidak wajib diketahui. Terutama jika kita berperan sebagai pemilik bangunan yang menyerahkan segala hal tentang pembangunan pada aplikator.

Hanya saja, ada keuntungan tersendiri ketika kita mengetahui cara menghitung kebutuhan baja ringan. Dimana biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli baja ringan, kanopi (penutup), baut, hingga cat waterproof dapat diprediksi.

Lantas, bagaimana cara mengetahui berapa kebutuhaan baja ringan, khususnya untu kanopi teras rumah atau pun carport?

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan untuk Kanopi Teras Ukuran 15m2

Biasanya, ukuran luas kanopi terutama untuk carport adalah 15m2 dengan lebar 3m dan panjang 5m. Anggap saja angka-angka ini adalah contoh. Adapun contoh kanopi di bawah ini menempel pada tembok bangunan utama.

Agar lebih mudah dalam menentukan berapa kebutuhan baja ringan untuk kanopi, gambar ilustrasi di bawah ini dapat dijadikan acuan.

Gambar ilustrasi kanopi ukuran 5x3m

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan Kanal C untuk Kanopi

Berdasarkan gambar di atas, rangka tepi kanopi menerapkan metode cremona (double frame), sehingga 2 kanal C 0,75mm sesuai ukuran diletakkan sejajar.

Mengingat setiap batang baja ringan kanal C memiliki panjang 6m, maka untuk tepi kanopi (dimisalkan sebagai K) saja diperlukan:

K= [(2 x lebar bangunan) + (4 x panjang bangunan)]/6 = [(2 x 3m) + (4 x 5m)]/6 = 26/6= 4,33 (dibulatkan menjadi 5 batang kanal C).

Sementara untuk tiang (T) dengan tinggi 2,5m dan dibuat double, kebutuhan kanal C dapat dihitung dengan cara sebagai berikut.

T= (4 x tinggi tiang)/6 = (4 x 2,5)/6 = 1,667 (dibulatkan menjadi 2 batang kanal C).

Adapun jarak usuk biasanya 1m, sehingga dibutuhkan 2 batang kanal C, mengingat panjang kanopi adalah 5m.

Selanjutnya dibutuhkan 1 batang kanal C untuk bagian baja ringan yang menempel ke tembok (panjang 3m). Sisanya dapat diletakkan pada bagian tengah rangka kanopi agar lebih kuat.

Cara Menghitung Kebutuhan Reng

Masih mengacu pada gambar di atas, diketahui jarak reng yang umum digunakan adalah 0,70m. Maka kebutuhan reng (R) untuk panjang kanopi 5m adalah:

R= Panjang kanopi/jarak reng = 5m/0,70m= 7,14 (dibulatkan menjadi 8 potongan reng). Mengingat panjang reng baja ringan adalah 6m, maka dibutuhkan= (lebar kanopi x jumlah potongan reng)/6= (3 x 8)/6 = 4 batang reng baja ringan.

Kebutuhan Kanopi (Penutup)

Meskipun bukan merupakan bangunan utama, material untuk knaopi perlu diperhatikan. Bukan hanya rangka baja ringan, pastikan bahan untuk kanopi (penutup) juga berkualitas. Seperti atap gelombang KR5 KENCANA dengan lebar efektif 750mm (0,75m) dan panjang menyesuaikan dengan pesanan.

Produk KR5 tak hanya kokoh dan tahan karat karena terbuat dari Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) berkualis, yaitu ZINIUM. Tetapi atap KENCANA ini juga mudah dipasang dan mencegah kebocoran karena adanya sistem pengunci sambungan (interlock overlapping system) serta alur pengaman.

 Adapun kebutuhan KR5 sebagai kanopi (penutup) adalah = lebar kanopi/lebar efektif material= 3/0,75= 4 lembar dengan panjang 5m.

***

Itulah cara menghitung kebutuhan baja ringan untuk kanopi teras rumah maupun carport. Berdasarkan penghitungan tersebut, untuk kanopi berukuran 5 x 3m, dibutuhkan  10 batang kanal C, 4 batang reng, serta 4 lembar KR5 KENCANA panjang 5m.

Selain baja ringan, untuk membangun kanopi tersebut, dibutuhkan sekitar 200 sampai 300 biji baut baja ringan, 100 biji baut roofing, 10 biji dynabolt, serta cat waterproof 1 kg.

Back To Top
×Close search
Search