skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Kebutuhan Atap Baja Ringan Untuk Kanopi

Berapa Lembar Atap Baja Ringan yang Dibutuhkan untuk Kanopi?

Atap baja ringan bisa dibilang cukup banyak digunakan di dunia konstruksi dalam beberapa tahun belakangan. Saking populernya, material satu ini seolah menggeser ketenaran genteng tanah liat yang digunakan sejak dulu.

Bukan tanpa alasan, masifnya penggunaan jenis atap tersebut karena beragam kelebihan yang dimiliki, seperti lebih ringan, kokoh, tahan terhadap cuaca ekstrem, dan lain sebagainya.

Karena berbagai keunggulannya itu, atap baja ringan tidak hanya diaplikasikan pada gudang, pabrik, serta bangunan dengan bentang lebar. Tak sedikit yang menggunakan material ini untuk kebutuhan rumah, salah satunya untuk kanopi teras.

Terkait pemasangannya sebenarnya semua dapat diserahkan pada pemborong atau aplikator baja ringan ringan. Jadi, pemilik bangunan tak perlu repot menghitung segala kebutuhan material hinga biaya yang perlu dikeluarkan.

Hanya saja, ada keuntungan tersendiri jika kita juga menghitung sendiri kebutuhan atap untuk kanopi, yaitu dapat memprediksi berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Lantas, bagaimana cara menghitung kebutuhan atap baja ringan yang akan diaplikasikan untuk kanopi teras rumah?

Contoh Perhitungan Kebutuhan Atap Baja Ringan untuk Kanopi

Selain penghitungan kebutuhan rangka baja ringan, material untuk penutup kanopi pun tidak kalah penting. Untuk mempermudah, diperlukan contoh ukuran bangunan.

Diketahui, lahan sebuah rumah yang akan dipasang kanopi carport memiliki luas 20m2 dengan lebar 4m dan panjang 5m.

Selain menggunakan rangka baja ringan KENCANA untuk bagian tiangnya, pemilik rumah ingin mengaplikasikan Ecospan KENCANA sebagai penutup atap kanopi.

Terbuat dari material Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) berkualitas dan ber-SNI, yaitu ZINIUM, produk Ecospan ini sendiri memiliki lebar efektif 1000mm (1m).

Menariknya, panjang dari semua produk atap gelombang KENCANA, termasuk Ecospan dapat disesuaikan dengan pesanan.

Maka untuk kanopi ukuran 4 x 5, dibutuhkan Ecospan sebanyak= lebar kanopi/ lebar efektif material= 4/1= 4 lembar Ecospan dengan panjang 5 meter.

Kelebihan Ecospan KENCANA untuk Kanopi

Atap Baja Ringan KENCANA
Ecospan KENCANA (doc. PT Kencana Maju Bersama)

Walaupun bukan bangunan utama, kanopi juga memiliki fungsi penting dalam melindungi kendaraan atau objek apapun yang ada di bawahnya. Karenanya, pemilihan material berkualitas seperti Ecospan KENCANA perlu diperhatikan.

Tak hanya memiliki lebar dan terbuat dari material BjLAS berkualitas, produk KENCANA ini juga memiliki keunggulan lain. Salah satunya adalah adanya sistem tumpangan (overlapping) dan alur kapiler yang saling mengunci, sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran.

Selain itu, karena lebar efektifnya 1000mm, artinya produk ini lebih efisien dan hemat sekrup (SDS Screw). Bahkan, Ecospan pun lebih kokoh karena jumlah gelombangnya lebih banyak.***

Back To Top
×Close search
Search