skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Ilustrasi Harga Baja Ringan Naik

Harga Baja Ringan Naik Terus? Ternyata Ini Alasannya

Harga baja ringan naik terus sekitar Januari sampai Agustus 2021. Sampai artikel ini ditulis, harga material tersebut bertahan seperti bulan lalu.

Kenaikan harga baja ringan sebesar 35% tersebut tentu membuat resah customer, mengingat lonjakan harga tak sebanding dengan daya beli konsumen.

Apa Alasan Harga Baja Ringan Naik?

Menurut laman Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Bahan Bangunan/ Konstruksi pada Juni 2021 naik sebesar 0,61% terhadap bulan sebelumnya. Hal ini salah satunya disumbang oleh besi dan baja.

Adanya kenaikan harga baja tersebut pun ikut memengaruhi lonjakan harga baja ringan yang terasa selama beberapa bulan terakhir.

Selain itu, kelangkaan suplai bahan baku juga menjadi alasan. Terlebih, dikutip dari kumparanBISNIS, negara China sebagai produsen baja terbesar yang mencapai 928,3 juta ton per tahun berkomitmen memangkas produksi. Disebutkan hal tersebut lantaran untuk mempertimbangkan dampak lingkungan.

Akibatya, terjadi ketidakseimbangan antara suplai dan demand (permintaan). Padahal, permintaan baja secara global cenderung meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi telah terjadi pada tahun lalu.

Ketidakseimbangan itulah yang turut memengaruhi kenaikan harga baja ringan di skala nasional seperti saat ini.

Dampak Perubahan Harga Baja Ringan

Dampak dari adanya kenaikan harga baja ringan ini salah satunya menyebabkan pergeseran. Terutama terkait pembelian baja ringan yang lebih sesuai dengan budget konsumen.

Sebagai contoh, daya beli masyarakat tidak lebih dari Rp100ribu untuk Kanal C baja ringan tebal 75mm. Namun ketika harga naik terus, nominal Rp100ribu tak bisa lagi untuk membeli material rangka atap dengan ketebalan yang sama.

Akhirnya, customer membeli baja ringan dengan ketebalan di bawahnya, misalnya 70mm atau 65mm, yang tidak melebihi budget mereka.

Solusi KENCANA® Terkait Kenaikan Harga

Sebagai distributor baja ringan yang telah memiliki 32 cabang, PT Kencana Maju Bersama tetap memberikan kenyamanan pada customer di tengah kenaikan harga baja ringan.

Beragam promo disediakan KENCANA®. Seperti sejak Februari 2021 lalu, berlangsung promo Gebyar KENCANA® yang diadaan sampai 1 tahun. Hadiahnya bervariasi, mulai dari Handphone hingga mobil.

Promo lokal pun juga tersedia untuk konsumen yang pembeliannya cukup terjangkau. Hadiah untuk promo ini seperti produk kopi instan, minyak goreng, minuman vitamin C, masker, sampai voucher senilai jutaan rupiah.

***

Jadi, meskipun harga baja ringan naik terus dalam beberapa waktu belakangan, KENCANA® akan memberikan terobosan terbaru untuk membuat customer tetap nyaman. Salah satunya dengan diadakannya promo.

Back To Top
×Close search
Search