skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Rumah Tumbuh 2 Lantai

Bangun Rumah Tumbuh 2 Lantai dengan Ecodeck KENCANA®, Solusi Cerdas untuk Hemat Dana

Rumah tumbuh 2 lantai atau tipe vertikal menjadi salah satu solusi seseorang yang ingin memiliki hunian tanpa dengan dana minim, karena pembangunannya secara bertahap.

Umumnya, rumah tumbuh adalah hunian yang dirancang untuk pembangunan secara bertahap serta disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan pemilik bangunan.

Jadi, rumah tumbuh vertikal (dua lantai) berarti tempat tinggal yang ‘tumbuh’ ke atas. Karena finishing-nya merupakan bangunan bertingkat 2, maka pondasi yang diterapkan harus kuat agar tak perlu bongkar ulang ketika pembangunan dilanjutkan.

Tips Bangun Rumah Tumbuh 2 Lantai

Ilustrasi Rumah Tumbuh
Ilustrasi Fasad Rumah Tumbuh (Sumber: Instagram @antar_architect)

Bukan hanya mempertimbangkan tipe pondasi yang digunakan, yaitu cakar ayam atau foot plat. Dimana jenis pondasi ini dapat mencengkeram tanah (lunak maupun keras) dengan kuat sehingga bangunan di atasnya tetap kokoh.

Tetapi, terdapat beberapa tips lainnya ketika akan menerapkan rumah tumbuh vertikal, di antaranya adalah sebagai berikut.

Desain Rumah Tumbuh

Pertimbangan desain perlu dilakukan, meskipun mungkin pembangunan di awal hanya ada satu lantai. Tetapi, harus diingat bahwa rumah akan terus ‘tumbuh’ secara vertikal.

Sehingga dengan dipertimbangkannya desain, ‘pertumbuhan’ rumah akan konsisten dan tidak perlu mengubah kondisi hunian yang telah dibangun sebelumnya.

Skala Prioritas

Ilustrasi Rumah Tumbuh 2 Lantai
Rumah 2 Lantai (Sumber: Instagram @adikritz)

Tahap selanjutnya adalah menentukan ruangan apa saja yang akan menjadi prioritas saat pembangunan di awal. Lalu tuangkan ke dalam bentuk denah agar lebih lebih mudah dalam menggambarkannya.

Adapun skala prioritas pada pembangunan pertama ini misalnya berupa kamar tidur, kamar mandi, dapur, maupun ruang tamu.

Infrastruktur Rumah

Sambungan listrik, pipa air, hingga saluran akhir merupakan beberapa contoh infrastruktur dalam rumah yang perlu dipertimbangkan secara matang.

Mengingat pembangunan dilakukan secara bertahap, pastikan bagian-bagian itu mudah disambungkan saat penambahan lantai dilakukan.

Pemilihan Material untuk Rumah Tumbuh 2 Lantai

Penggunaan material yang kokoh penting diterapkan pada rumah tumbuh 2 lantai, terutama untuk pembuatan bagian dak lantai. Tujuannya agar dapat menopang ruangan tambahan di atasnya pada pembangunan lanjutan.

Dulu, multiplek/triplek memang digunakan sebagai beskisting. Namun kini terdapat metal deck yang menjadi alternatif terbaik sebagai pengganti bekisting untuk dak lantai.

Metal Deck
Metal Deck

Terkait hal ini, Ecodeck KENCANA® adalah jenis metal deck yang akan menguntungkan ketika diaplikasikan untuk dak lantai.

Sebab bukan hanya dapat menghemat besi tulangan. Material ini juga memungkinkan untuk diekspos, sehingga penambahan plafon tidak harus dilakukan lagi.

Ecodeck KENCANA®
Ecodeck KENCANA®

Ecodeck KENCANA®juga menambah kesan elegan dengan konsep industrial look, terlebih ketika dipadukan dengan pencahayaan yang tepat.

Bahkan, produk berbahan baku Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) berkualitas, yaitu ZINIUM® ini lebih efisien dengan lebar efektif 1.000mm.

Ecodeck KENCANA® pun memiliki sistem overlapping yang akan membuatnya aman dari kebocoran saat proses pengecoran lantai.

***

Pada dasarnya, pembangunan rumah tumbuh 2 lantai harus direncanakan secara matang. Selain tips di atas, menggunakan jasa professional juga penting agar tempat tinggal impian dapat terwujud.

Back To Top