skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Mitos Dan Fakta Baja Ringan

Mitos dan Fakta Baja Ringan, Jangan Sampai Tertukar!

Mitos dan fakta baja ringan sudah tersebar di tengah masyarakat, menimbulkan berbagai persepsi hingga kekhawatiran.

Itulah mengapa, penting untuk ‘meluruskan’ apa yang telah tersebar di masyarakat tentang opini yang kebenarannya kurang bisa dipertanggungjawabkan.

Berikut ini adalah beberapa fakta dan mitos tentang baja ringan yang sering terdengar. Mana saja yang benar?

Mitos Baja Ringan

  • Harga Baja Ringan Mahal

Adalah mitos jika disebutkan bahwa harga baja ringan mahal. Karena seharusnya lebih murah, mengingat biaya yang dikeluarkan ini untuk investasi jangka panjang.

Memang, harga baja ringan tidak pernah semurah harga kayu. Namun jika dibandingkan dengan kayu berkualitas di masa kini, harga baja ringan lebih terjangkau.

  • Baja Ringan Mudah Tersambar Petir

Mitosnya, bangunan dari baja ringan mudah disambar petir. Melalui pernyataan ini, menimbulkan persepsi bahwa baja ringan yang termasuk logam atau metal ini menarik petir.

Padahal seperti dikutip dari laman The National Weather Service (NWS), logam tidak menarik petir, melainkan menghantarkannya.

Pemakaian baja ringan pun mengurangi risiko akibat sambaran petir seperti terbakar, karena material ini tidak merambatkan api. Berbeda dengan kayu yang lebih berisiko terbakar.

  • Baja Ringan Anti Karat

Penyebutan bahwa baja ringan anti karat kurang tepat, karena material ini masih bisa mengalami proses oksidasi penyebab karat.

Khususnya saat coating ‘terluka’ karena beragam faktor, seperti terkena cairan asam, tergores alat kerja, dan lain sebagainya. Ketika lapisan Aluminium Zinc (AZ) pada baja ringan terbuka, proses oksidasi akan mudah terjadi. Jadi, daripada anti karat, penyebutan baja ringan tahan karat adalah yang paling tepat.

Baca juga: Bukan Hanya untuk Branding, Rusuk Pengaku pada Produk KENCANA® Bisa Cegah Bangunan Ambruk?

Fakta Baja Ringan

  • Baja Ringan Kokoh dan Awet

Bangunan yang mengaplikasikan baja ringan akan kokoh dan awet. Tidak hanya karena material baja ringan yang memang kuat. Penghitungan dan pemasangan yang dilakukan dengan tepat menggunakan software khusus akan membuat bangunan baja ringan lebih tahan lama.

  • Baja Ringan Mudah Penyok

Pernyataan ini fakta, terutama berlaku pada baja ringan yang ketebalannya tidak sesuai standar SNI dan tanpa rusuk pengaku.

  • Pakai Baja Ringan Lebih Efektif dan Efisien

Pemasangan baja ringan lebih menghemat waktu dan material. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan juga lebih minim.

Sebagai catatan, pemasangan baja ringan akan lebih mudah dilakukan jika diserahkan pada aplikator yang sudah ahli dibidangnya.

  • Baja Ringan dapat Redam Panas

Fakta bahwa material ini bisa meredam panas. Contohnya produk Genteng Rocky KENCANA® yang ditaburi pasir silica. Tidak hanya meredam panas, produk ini juga mampu meredam suara.***

Back To Top