skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Umur Atap Baja Ringan KENCANA

Umur Atap Baja Ringan Dipengaruhi Cara Penyimpanannya, Cek Fakta Berikut!

Pernyataan bahwa umur atap baja ringan bisa mencapai hingga puluhan tahun memang benar. Namun, usianya juga bisa menjadi lebih pendek karena beberapa faktor. Salah satunya terkait cara penyimpanan.

Terutama pada atap sebelum digunakan untuk bangunan, bagaimana kita menyimpan material, penting diperhatikan guna mencegah baja ringan berkarat.

Tips Simpan Atap Baja Ringan yang Baik dan Benar

Tidak bisa asal, ada beberapa cara menyimpan material atap baja ringan, di antaranya sebagai berikut.

Cara Menyimpan Atap Baja Ringan
Cara Menyimpan Atap Baja Ringan (dok. KENCANA Group)
  1. Pastikan atap baja ringan tidak menyentuh lantai atau tanah dengan cara meletakkannya di atas ganjalan kayu.
  2. Tumpukan kayu tidak diletakkan dengan posisi datar, melainkan dimiringkan dengan sudut 10 sampai 15 derajat. Tujuannya jika ada air di permukaan atap, akan lebih mudah dialirkan.
  3. Tutup atap baja ringan dari ujung ke ujung dengan terpal.

Baca juga: Baja Ringan Hollow Bisa untuk Apa Saja?

Cara Memaksimalkan Penyimpanan Agar Umur Atap Baja Ringan Lebih Lama

Selain cara penyimpanan, menghindari pemicu karat pada baja ringan juga perlu dilakukan agar usia material lebih panjang.

Seperti diketahui, baja ringan Indonesia bisa tahan terhadap karat karena material ini memiliki lapisan Aluminium, Zinc, dan unsur lain (coating). Sehingga jika lapisan tersebut rusak, maka risiko terjadi karat lebih tinggi. Terkait hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat membuat coating rusak, seperti:

  • T Goresan bisa saja terjadi karena alat kerja yang membuatcoating baja ringan terbuka dan bersinggungan langsung dengan oksigen. Sehingga terjadilah proses oksidasi penyebab karat.
  • Larutan Asam. Larutan bersifatasam seperti cairan pembersih lantai sangat reaktif saat bersinggungan dengan permukaan baja ringan. Hal ini menyebabkan coating akan mengelupas dan terjadilah proses oksidasi.
  • Air Semen. Air semenyang menempel pada permukaan baja ringan, menyebabkan proses kimia merusak coating, sehingga berisiko menimbulkan karat.
  • Genangan air. Genangan airdi permukaan baja ringan akan membuat coating terbuka, sehingga karat akan terjadi.

Jadi, agar karat dapat dicegah dan penyimpanan lebih maksimal guna membuat usia baja ringan lebih panjang, pastikan material terhindar dari goresan, larutan asam, air semen, serta genangan air.

Lebih dari itu, pemilihan material juga harus dipertimbangkan. Pastikan untuk selalu menggunakan produk yang ketebalan coating serta BMT-nya pasti.

Seperti produk atap baja ringan KENCANA® yang ketebalannya pasti serta menggunakan material BjLAS ber-SNI No. 4096:2007/2019.***

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top