skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Atap Baja Ringan Bikin HP Susah Sinyal

Mitos atau Fakta, Pakai Atap Baja Ringan Bisa Bikin HP Susah Sinyal?

HP susah sinyal jadi salah satu masalah yang cukup mengganggu. Apalagi di era modern seperti sekarang, nyaris seluruh masyarakat menggunakan handphone untuk berkomunikasi maupun bekerja.

Di sisi lain, penggunaan atap baja ringan untuk rumah bisa dibilang kian meningkat. Sebab, material yang merupakan salah satu jenis logam ini dikenal kokoh, durbilitasnya tinggi, tahan karat, hingga ekonomis.

Melalui kedua topik tersebut, muncul pertanyaan, apakah dengan menggunakan atap baja ringan mengganggu sinyal handphone?

Pembahasan berikut ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Baik untuk pemilik bangunan beratap baja ringan maupun yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan material dari Baja Lapis Aluminim Seng (BjLAS) ini.

Pengaruh Baja Ringan pada Sinyal HP

Singkatnya, sinyal telepon seluler maupun internet adalah berupa frekuensi radio. Bisa saja sinyal berpengaruh atau justru tidak ada masalah sama sekali pada penggunaan atap baja ringan.

Kenapa bisa begitu? Karena hal tersebut berkaitan dengan dekat jauhnya rumah dari Base Transceiver Station (BTS), sehingga akan memengaruhi kekuatan sinyal.

Jika keberadaan BTS jauh dari rumah, maka kekuatan sinyal HP akan berkurang, bahkan berpotensi akan kehilangan sinyal.

Sebab dikutip dari laman Britannica, gelombang radio tidak dapat  melewati konduktor listrik, seperti air maupun logam.

Berbeda dengan bangunan yang dekat dengan BTS, yang artinya kekuatan sinyal akan lebih bagus. Maka kemungkinan atap baja ringan relatif tidak mengganggu sinyal smartphone.

Kalaupun mengganggu, pengurangan sinyal yang diterima HP hanya sedikit, sehingga bisa dianggap tidak berpengaruh.

Baca juga: Cara Potong Kanal C Baja Ringan: Lebih Baik Gunting Baja Ringan atau Gerinda?

Trik Dapat Sinyal di Area Minim Sinyal pada Rumah yang Pakai Atap Baja Ringan

Dilansir dari laman Distinctive Metal Roofing, ada cara agar rumah beratap baja ringan tidak membuat HP susah sinyal. Terutama pada handphone model terbaru yang dapat terhubung dengan Wi-Fi.

Pasalnya, Wi-Fi bergantung pada sinyal yang disediakan oleh layanan kabel atau satelit, ukuran dan konfigurasi rumah, serta kualitas serta pengaturan modem dan router di dalam hunian.

Artinya, penggunaan atap baja ringan tidak terlalu berpengaruh signifikan dengan kelancaran internet Wi-Fi.***

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top