skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Kanal C, Reng, Dan Hollow Baja Ringan

Kamus KENCANA: Apa Itu Kanal C, Reng, dan Hollow Baja Ringan?

erKanal C, reng, dan hollow baja ringan adalah material yang bisa dibilang saat ini sering digunakan untuk kebutuhan konstruksi.

Khususnya untuk atap rumah hingga plafon, ketiganya semakin populer karena lebih kokoh, tahan karat, anti rayap, tidak merambatkan api, dan tidak mudah lapuk seperti kayu.

Namun di sisi lain, ada pula yang belum tahu perbedaan serta pengertian kanal C, reng, dan hollow baja ringan. Lantas selain bentuk dan ukuran, apa perbedaan ketiga material tersebut? Berikut ulasannya!

Kanal C Baja Ringan

Kanal C Baja Ringan
Kanal C Baja Ringan

Material yang bentuknya mirip huruf C ini memiliki ukuran sandar pajang mencapai 6 meter dan lebar 75mm-80mm. Biasanya, kanal C juga memiliki ketebalan mulai dari 0,6mm hinga 1mm.

Profil ini umumya digunakan untuk rangka atap atau kuda kuda baja ringan. Namun dapat pula dimanfaatkan sebagai tiang bangunan yang bebannya tidak terlalu berat seperti kanopi.

Baca juga: Cara Potong Kanal C Baja Ringan: Lebih Baik Gunting Baja Ringan atau Gerinda?

Reng Baja Ringan

Material Atap reng Asimetris
Reng Asimetris KENCANA®

Berperan dalam konstruksi atap, biasanya profil yang panjangnya 6 meter ini digunakan sebagai tumpuan dari penutup atap.

Bentuk reng baja ringan sendiri biasanya ada dua macam, yaitu reng simetris dan reng asimetris. Di mana reng simetris memiliki dua sisi miring, sementara reng asimetris punya satu sisi miring dan sisi lain sudunya 90 derajat.

Hollow Baja Ringan

Hollow Baja Ringan
Hollow Baja Ringan

Material hollow baja ringan umumnya digunakan untuk kebutuhan interior, seperti rangka plafon. Profil ini memiliki beragam keunggulan, di antaranya:

  • Tahan korosi
  • Tahan rayap
  • Kuat meski ringan
  • Pemasangannya praktis dan cepat
  • Tidak merambatkan api

Baja ringan hollow memiliki panjang 4 meter. Selain itu, terdapat banyak varian yang beredar di pasaran, yaitu 20 x 40mm, 40 x 40mm,  14 x 36mm, 36 x 36mm, 15 x 30mm, 30 x 30mm.

***

Itulah beberapa istilah dalam konstruksi baja ringan yang sering kali muncul. Mengingat peranan kanal C, reng, dan hollow baja ringan cukup penting, baik sebagai struktur utama bangunan (rangka atap) maupun elemen lainnya (rangka plafon), penggunaan material yang berkualitas perlu dipertimbangkan.

Seperti baja ringan KENCANA yang tidak hanya diproduksi dari material ber-SNI. Kelebihan lain seperti terdapatnya rusuk pengaku, SNI profil, hingga ketahanan karatnya yang telah terjamin, membuat baja ringan KENCANA adalah pilihan terbaik.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top