skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Kandang Kambing Modern

Memilih Material Tepat untuk Kandang Kambing Modern

Kandang kambing modern dengan material baja ringan bisa dibilang jadi salah satu cara untuk menunjang penggemukan ternak. Terlebih dengan penerapan model panggung akan memengaruhi kesehatan, kebersihan, serta pengendalian penyakit pada ternak.

Biaya pembuatan kandang kambing dengan panggung mungkin dinilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan non-panggung. Namun, hal ini tidak masalah mengingat dengan model kandang ini, penyakit ternak akibat kotoran dan urin yang menempel di lantai dapat dikendalikan.

Selain itu, penggunaan baja ringan sebagai material kandang pun ikut memberi keuntungan, di antara sebagai berikut.

  • Efisien terhadap waktu (mudah dan cepat dalam pengerjaan);
  • Tahan karat, anti rayap, tidak merambatkan api;
  • Tidak mudah patah karena memiliki kekuatan tarik yang baik, yaitu berkisar 550 Mpa;
  • Ekonomis terhadap biaya (karena lebih kokoh, sehingga biaya perawatan/renovasidapat diminimalisir), dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, penggunaan baja ringan untuk kandang kambing modern juga akan mendukung gerakan ramah lingkungan. Kenapa?

Peran Kandang Kambing Modern dari Baja Ringan terhadap Lingkungan

Kandang kambing
Kandang kambing (dok. Instagram.com @78farmyogya)

Seiring berkembangnya zaman, popularitas baja ringan makin meningkat, bahkan pemakainnya bisa dibilang mulai menggantikan kayu yang sudah digunakan sejak dulu. Termasuk untuk kandang ternak.

Semakin menggeser penggunaan kayu, maka baja ringan ikut mendukung gerakan ramah lingkungan. Terutama terkait eksploitasi hutan yang merupakan sumber dari material kayu.

Seperti diketahui, seiring denga pertambahan jumlah penduduk serta perkembangan teknologi, permintaan kayu berpotensi ikut terpengaruh.

Demi memenuhi kebutuhan material itu, potensi penebangan hutan secara ilegal (illegal logging) yang masih menjadi isu global pun dilakukan. Alhasil, semakin lama persediaan pohon semakin menipis.

Di sinilah baja ringan yang digunakan untuk pembuatan kandang kambing memulai perannya. Karena selain lebih awet, material ini pun dapat didaur ulang selama masa pakainya berakhir. Artinya, eksploitasi hutan dapat dikurangi dan illegal logging mungkin bisa dicegah.

Baca juga: KENCANA Group Berpartisipasi dalam Gerakan Pengkayaan Tanaman dan Penyulaman Pohon ke XIII Bersama Yayasan Grojogan Sewu Pecalukan

Memilih Material Tepat untuk Kandang Kambing

Bukan hanya menggunakan baja ringan sebagai material pembuatan rangka atap kandang. Perpaduan kayu bekas, bambu, maupun slat plastik (alas kandang kambing) pun dapat digunakan.

Rangka atap kandang kambing pakai produk KENCANA®
Rangka atap kandang kambing pakai produk KENCANA® (dok. Instagram.com @78farmyogya)

Agar kandang kambing modern lebih awet, pastikan untuk memilih material baja ringan yang kualitasnya terjamin. Seperti produk baja ringan KENCANA®, yang diproduksi oleh PT Kepuh Kencana Arum (KKA) dan didistribusikan oleh PT Kencana Maju Bersama (KMB).

Diproduksi dari Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) ber-ZNI, artinya baja ringan KENCANA® sudah terjamin kuaitasnya. Selain itu, material ini telah dilengkapi SNI dengan nomor 8399:2017 (SNI profil). Terdapat pula rusuk pengaku berbentuk mata panah untuk mencegah efek puntiran, sehingga baja ringan KENCANA® lebih kokoh.***

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top