skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Sekat Ruangan

Cara Memilih Baja Ringan untuk Sekat Ruangan yang Bagus, Awet dan Ekonomis!

Sekat ruangan hadir sebagai solusi untuk menambah ruang sewaktu-waktu jika dibutuhkan, pada bangunan yang telah didirikan secara terencana sebelumnya.

Secara fungsi, sekat atau partisi sama dengan dinding, salah satunya yaitu untuk memberi batas antar ruang. Namun, partisi cenderung tidak permanen dan masih bisa dibongkar. Berbeda dengan dinding sruktural yang lebih terencana dan tercipta sejak awal pembangunan.

Seperti namanya, dinding struktural termasuk dalam struktur bangunan yang juga ikut menopang atap, selain sebagai pembatas. Sedangkan partisi biasanya hanya sebatas pembatas dan tidak ikut andil dalam struktur bangunan.

Kendati demikian, partisi yang merupakan bagian dari interior bangunan juga penting. Dengan kata lain, pemilihan material sekat ini juga perlu diperhatikan, agar usia partisi lebih lama, sehingga biaya renovasi pun dapat diminalisir.

Seperti baja ringan yang belakangan ini bisa dibilang jadi pilihan material untuk segala kebutuhan konstruksi bangunan, termasuk partisi.

Tapi mengingat saat ini produk baja ringan menjamur di pasaran, maka perlu lebih selektif untuk memilihnya. Lantas, bagaimana cara memilih baja ringan untuk sekat ruangan yang bagus?

Tips Pilih Baja Ringan untuk Sekat Ruangan

Berikut cara memilih material baja ringan yang bagus untuk kebutuhan partisi atau sekat dalam ruangan bangunan.

Massa Lapis (Coating)

Coating AZ berhubugan dengan ketahanan material terhadap karat. Untuk memilihnya, pastikan baja ringan dengan massa lapis yang sudah sesuai dengan SNI 8399:2017 (SNI profil), yaitu AZ 100.

Adapun coating AZ 100 artinya massa/berat campuran Aluminium-Zinc 100 gram yang menjadi pelapis sebuah plat lembaran baja, di mana masing-masing sisi dilapisi 50 gram AZ.

Baca juga: Memilih Material Tepat untuk Kandang Kambing Modern

Jaminan SNI

Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah salah satu kriteria yang perlu dimiliki baja ringan guna menghindari produk yang kualitasnya masih dipertanyakan.

Proses Pemasangan Rangka Partisi
Proses Pemasangan Rangka Partisi (dok. KENCANA Group)

Artinya, penting untuk memilih produk baja ringan dengan SNI 4096:2007 (SNI material/SNI standar produk Baja Lapis Aluminium Seng [BjLAS]). Pastikan pula terdapat kode massa lapisan AZ 70 atau pun AZ 100.

Rusuk Pengaku

Tak hanya rangka atap, keberadaan rusuk pengaku pada rangka partisi cukup penting guna mencegah efek puntiran. Sehingga material lebih kokoh dan tak mudah bengkok.

Desainnya Memudahkan Pemasangan

Selain sebagai pembatas, sering kali partisi juga digunakan untuk tempat peletakan atau jalur instalasi listrik. Untuk itu, sebaiknya pilih rangka partisi yang desainnya sesuai dan memudahkan dalam pemasangan.

U Runner KENCANA Partisi
U Runner KENCANA®

Seperti Rangka Partisi KENCANA® yang terdiri dari Metal Stud dan U Runner. Tak hanya desainnya memudahkan dalam pemasangan, tetapi juga memiliki keunggulan seperti ringan, tahan api, kokoh, memiliki rusuk pengaku, memiliki jaminan SNI, serta ekonomis.

Metal Stud KENCANA®
Metal Stud KENCANA®

Menariknya, KENCANA® Partition juga dapat dikombinasikan dengan material lain, seperti papan gypsum, papan semen, triplek, dan lain sebagainya.***

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top