skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Pre Engineered Building KENCANA

Mengenal Apa Itu Pre-Engineered Building, Inovasi di Dunia Konstruksi Jadi Solusi untuk Efisiensi Waktu dan Biaya

Pre-Engineered Building (PEB) adalah  inovasi di dunia konstruksi, yang bisa dibilang jadi salah satu solusi untuk mengefisiensi waktu dan biaya pembangunan. Kok bisa?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, penting untuk mengetahui tentang pengertian PEB. Secara garis besar, PEB merupakan teknologi konstruksi terbaru, di mana seluruh proses rekayasa teknik dilakukan di luar lokasi pembangunan.

Dalam hal ini, baik dari segi desain, perhitungan struktur, hingga proses fabrikasi material dilakukan secara terintegrasi di luar lokasi proyek.

PEB pun terbagi menjadi dua tipe, yaitu:

  • PEB-Heavy, di mana pelat baja tebal dengan mutu baja normal sekitar 240-300 Mpa digunakan. Pelat tersebut pun dipotong dan dilas guna membentuk profil struktural sesuai desain di gambar kerja.
  • PEB-Light, di mana material yang digunakan adalah pelat baja canai dingin dengan ketebalan relatif tipis tetapi memiliki mutu tinggi sekitar 400-600 Mpa. Lembaran baja tersebut pun dibentuk dengan mesin roll-formmembentuk profil yang diinginkan seperti kanal C.

Bagaimana PEB Bisa Lebih Efisien?

Teknologi Pre-Engineered Building yang telah hadir kurang dari satu dekade. Keberadaannya pun menjadi pilihan solutif yang efesien dan efektif bagi beberapa bangunan skala menengah hingga besar di Indonesia.

Keefisienan PEB ini sendiri berkaitan dengan tahapan pengerjaannya, di antaranya sebagai berikut.

  1. Gambar kerja lengkap;
  2. Pengajuan proposal harga dan terjalin proses kontrak;
  3. Pengukuran ulang dan pembuatan gambar rencana secara detail;
  4. Proses produksi pre fabrikasi struktur di luar lokasi proyek;
  5. Pengiriman seluruh material dalam kondisi terurai dari pabrik ke lokasi proyek;
  6. Perakitan dan pemasangan material di lokasi proyek pembangunan.

Bukan hanya langkah pengerjaannya saja. Salah satu bagian terpenting dari PEB adalah penggunaan alat sambung dan konektor yang tepat. Sehingga struktur PEB mampu memikul beban sesuai dengan perhitungan sebelumnya. Namun juga lebih efisien terhadap waktu dan dana, mengingat proses fabrikasi di lokasi proyek ditiadakan.

Baca juga: Ciptakan Interior Rumah Minimalis dengan KENCANA Ceiling

Inovasi Pre-Engineered Building dari KENCANA®

Hadir sebagai solusi dan pengembangan teknologi struktur baja berat, KENCANA® menggunakan baja bermutu tinggi. Bahkan produk ini telah dilapisi dengan pelapis tahan karat, yaitu Hot Dip Galvanis.

Melalui inovasi ini, PEB KENCANA® efisien dalam memaksimalkan bangunan dengan bentang lebar dan bebas dari kolom struktur di tengah bangunan. Contohnya seperti pabrik, pergudangan, gedung pertemuan, bengkel mobil, dan lain sebagainya.

Adapun dengan memilih memilih PEB dari KENCANA®, berbagai keunggulan dari produk ini akan didapat, seperti:

  • Kuat. Masa pakai bangunan lebih panjang dan tetap kokoh meskipun berat struktur lebih ringan.
  • Presisi. Jaminan kecepatan, kekuatan, dan profil yang memiliki tingkat presisi tinggi, sehingga hasil pembangunan lebih rapi
  • Cepat. Proses pembangunan yang lebih cepat.
  • Ekonomis. Minim biaya pemeliharaan dan perawatan karena tak perlu cat tahan karat tambahan serta pengelasan, sehingga lebih efisien terhadap dana.
  • Desain yang Fleksibel. Desain, perhitungan struktur, serta engineer berpengalaman dengan menggunakan perangkat perhitungan tepat dan memakai standar peraturan atau pembebanan berstandar internasional.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
error: Content is protected !!