skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Ilustrasi Rumah Berplafon Rendah

Trik Mengakali Rumah yang Terlanjur Berplafon Rendah Tetap Sejuk

Rumah berplafon rendah akan mengurangi kelancaran sirkulasi udara di dalam rumah. Itulah mengapa, hawa rumah dengan plafon pendek cenderung lebih hangat dibandingkan plafon tinggi.

Idealnya, jarak antara plafon dengan lantai adalah 3,2m-3,4m. Jika melebihi, rumah akan semakin baik dihuni karena terasa lebih sejuk. Sebab, panas yang awalnya dari atap, masuk ke plafon, kemudian turun ke dalam ruang akan semakin tereduksi dengan jarak yang panjang (plafon tinggi).

Namun kenyataannya, di lapangan justru beberapa rumah yang dibangun pengembang justru ketinggian plafonnya hanya sekitar 2,6m-3m. Mengingat hal ini tak bisa dihindari karena rumah sudah terlanjur memiliki plafon rendah, maka perlu menerapkan beberapa trik untuk mengakalinya.

Kuncinya adalah memperbaiki ventilasi udara di dalam rumah, terutama di area atap dan sekitarnya. Selain itu, dapat pula mengaplikasikan beberapa tips berikut.

Cara Menyejukkan Rumah yang Terlanjur Berplafon Rendah

Memberi Lubang Area Plafon

Salah satu cara untuk membuat ruangan lebih sejuk walau plafon rumah rendah adalah membobol dinding di area langit-langit. Di mana jarak ideal dari plafon ke lubang tersebut antara 20cm-30cm dengan ukuran minimal 10x40cm.

Selanjutnya, tempatkan lubang tersebut di antara dua dinding yang berhadapan, namun tidak sejajar.

Mengaplikasikan Exhaust Fan

Tipe kipas angin ini memiliki fungsi membantu memperbaiki sirkulasi udara. Alat ini pun bukan hanya menarik udara dingin masuk dan mendorong udara panas keluar. Sehingga suhu dalam ruangan terasa lebih menyejukkan. Exhaust fan dapat dipasang setidaknya 30cm di bawah plafon.

Ilustrasi Exhaust Fan
Ilustrasi Exhaust Fan (dok. Pexels.com @esmihel)

Baca juga: Ciptakan Interior Rumah Minimalis dengan KENCANA Ceiling

Memberi Lapisan Aluminium Foil

Aluminium foil juga menjadi salah satu solusi untuk membuat rumah plafon rendah menjadi lebih sejuk. Berfungsi sebagai insulasi, material ini disebut-sebut dapat memantulkan panas hingga 97 persen.

Agar panas dapat diredam secara optimal, pemilihan material aluminium foil juga perlu diperhatikan. Dalam hal ini, KENCANA® Insulation adalah jawabannya. Produk ini selain mampu meredam panas dan suara, pemasangannya pun mudah.

Menggunakan Genteng Metal Pasir

Berbeda dari genteng metal biasa, permukaannya yang kasar seperti berpasir ini dilapisi bahan campuran coraltex. Di mana lapisan berpasir itu akan membuat permukaan genteng tidak hanya mampu meredam sorotan cahaya matahari penyebab suhu ruangan lebih hangat. Tetapi juga bisa meredam suara bising dari luar ruangan.

Mengingat atap merupakan bagian penting, maka perlu memilih produk berkualitas yang perlindungannya maksimal. Seperti Genteng Rocky KENCANA® tidak mudah pecah, anti jamur, tahan karat, anti lapuk dan anti rayap.

Genteng Rocky KENCANA
Genteng Rocky KENCANA

Memiliki profil dengan cekungan yang lebih besar, daya tampung air genteng metal pasir KENCANA® ini lebih besar. Pada overlapping samping terdapat alur kapiler, sehingga Genteng Rocky aman dari kebocoran.

Lebih dari itu, Genteng Rocky juga memiliki beragam pilihan warna yang akan membuat fasad rumah lebih menarik.

***

Pada dasarnya, penting untuk mempertimbangkan ketinggian plafon untuk mencegah ruangan dalam rumah lebih panas. Terlebih jika rumah didirikan di area dengan iklim hangat.

Namun jika terlanjur berplafon rendah, maka beberapa trik seperti perbaikan ventilasi udara hingga penambahan material lain seperti aluminium foil khusus serta penggunakan atap metal pasir dapat dilakukan.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
error: Content is protected !!