skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Ilustrasi Genteng Metal Rusak

3 Tanda Genteng Metal Perlu Diganti, Yuk Segera Cek Kondisi Atap di Rumah!

Aplikasi genteng metal untuk atap rumah bisa dibilang kian populer, karena material ini kuat dan tahan lama. Saking awetnya, komponen penutup atap ini bisa bertahan sampai bertahun-tahun.

Meski usianya cukup lama, genteng metal tentu perlu diganti seperti material atap rumah lainnya. Terlebih jika sudah menunjukkan tanda-tanda seperti berikut ini.

  1. Coating Rusak Parah

Entah coating (lapisan) penahan karat atau cat penambah estetika pada atap logam bisa saja rusak. Banyak faktor yang memengaruhinya, seperti tergores alat kerja, terkena zat kimia, adanya genangan air, atau akibat perubahan cuaca ekstrem.

Saat coating sudah rusak parah, korosi/karat akan timbul dan bisa menyebar. Warna pada mateiral ini juga bisa pudar, sehingga estetika berkurang. Saat ini terjadi, tandanya material penutup atap perlu diganti. Sebab jika dibiarkan, potensi kebocoran saat musim hujan bisa terjadi.

  1. Kerusakan Akibat Badai

Badai terjadi secara tak terduga, termasuk saat menyebabkan pohon tumbang dan menimpa atap logam di rumah. Genteng metal sendiri bisa penyok, melengkung, atau mengalami perubahan bentuk lainnya. Penyebabnya karena tekanan yang tidak mampu ditahan oleh material seperti pohon yang menimpa.

Karena perubahan fisik akan terjadi, artinya atap dari logam ini harus diganti dengan material baru sebelum terjadi kebocoran parah.

Baca juga: Awas, Salah Pilih Material Atap Bisa Bikin ‘Rumah Kebanjiran’

  1. Lubang Sekrup Dol

Penutup atap berbahan metal umumnya dikencangkan oleh sekrup khusus. Bagian ini bisa membesar hingga membuat sekrup dol, akibat kurangnya perawatan. Jika masalah ini cepat ditemukan, penggantian sekrup dengan ukuran besar bisa dilakukan. Karena jika tidak segera ditangani, sekrup yang dol berpotensi menimbulkan kebocoran, bahkan genteng metal mudah terbang karena angin.

Namun, jika penggantian jenis sekrup sudah tidak memungkinkan akibat ukuran sekrup yang sesuai tak ditemukan, maka penggantian genteng dari logam ini perlu dilakukan.

***

Setelah mengetahui tanda-tanda genteng metal yang perlu disubstitusi, kini saatnya mencari tahu material seperti apa yang cocok untuk menggantikannya.

"<yoastmark

Mengingat atap merupakan bagian penting dari sebuah hunian, penting untuk memilih material dengan kualitas terjamin. Seperti Genteng Metal KENCANA® yang terbuat dari bahan berkualitas dan ber-SNI.

Produk yang hadir dengan beragam warna ini pun daya tampung terhadap airnya besar serta dilengkapi dengan alur kapiler untuk mencegah kebocoran.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
error: Content is protected !!