skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanindonesia.co.id
Pengkayaan Tanaman Dan Penyulaman Pohon Ke XIV

Peduli Lingkungan, PT Kencana Maju Bersama Berpartisipasi dalam Gerakan Pengkayaan Tanaman dan Penyulaman Pohon ke XIV Tahun 2023

PT Kencana Maju Bersama (PT KMB) untuk kedua kalinya berpartisipasi dalam gerakan Pengkayaan Tanaman dan Penyulaman Pohon ke XIV bersama Yayasan Grojokan Sewu Pecalukan.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa-Rabu, 10-11 Januari 2023 itu diadakan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, terutama untuk menjaga kelestarian alam.

Pengkayaan tanaman dan penyulaman pohon yang telah ditanam tahun 2022 lalu pun dilakukan kembali, guna mengganti tanaman yang gagal tumbuh atau kondisi-kondisi lainnya.

“Sekarang disulami lagi, ditambahi lagi. Ada yang mati, ada yang nggak tumbuh, atau pun ada yang jaraknya terlalu jauh, kita sulami lagi,” kata Adi, ketua panitia kegiatan tersebut pada Rabu, 11 Januari 2023.

Ketua Panitia Pengkayaan Tanaman dan Penyulaman Pohon ke XIV
Adi, Ketua Panitia Pengkayaan Tanaman dan Penyulaman Pohon ke XIV

Seperti tahun 2022 lalu, kegiatan Pengkayaan Tanaman dan Penyulaman Pohon ini dilakukan di area gundul serta lahan kritis di Pos 2 sekitar jalur pendakian Gunung Arjuno dan Welirang. Namun khusus tahun ini, menurut Adi, kegiatan pengkayaan tanaman dilakukan di area bantaran sungai.

“Sama pengkayaan di sebelah bantaran sungai. Kita khususkan tahun ini itu di area bantaran sungai buat lokasinya,” tambah Adi.

Baca juga: Partisipasi KENCANA Group dalam Gerakan Tanam 1.000 Pohon di Kaki Gunung Welirang untuk Jaga Alam Tetap Lestari

Adi melanjutkan, penentuan lokasi area tanam bukan tanpa alasan. Sebab, hal itu berkaitan dengan keadaan lokasi penanaman beberapa tahun sebelumnya hingga pencegahan bencana.

“Di sini kan dulunya itu rimbun. vegetasinya itu banyak. kalau sekarang kan, kemarin-kemarin terjadi kebakaran, jadi gundul. Kita antisipasi. Alasannya basic, buat air juga, terus bencana alam, longsor, dan sebagainya, mencegah itu.Kita juga nggak mau kan kalau kebawah lagi kita kena bencana?” ujar Adi.

Penanaman Pohon di Area Penanaman oleh Tim PT KMB
Penanaman Pohon di Area Penanaman oleh Tim PT KMB

Berbeda dari tahun sebelumnya, ada lebih dari 20 jenis tanamanyang ditanam di area reboisasi. Beberapa di antaranya ara bonsai, mahoni, sengon alas, dan lainnya. Alasan dari banyaknya jenis tanaman ini sesuai dengan tema kegiatan yang dilakukan, yaitu pengkayaan dan penyulaman.

Menurut Adi, kegiatan yang juga diikuti oleh komunitas, pecinta alam, pelajar, hingga donatur/perusahaan ini bukan hanya sebatas menanam. Dalam setahun, ada empat kali kegiatan, di mana awal bulan dilakukan penanaman. Sementara perawatan lanjutan akan dilaksanakan tiga bulan sekali.

“Awal bulan itu kita penanaman, dibuka untuk umum. Terus triwulan selanjutnya kita perawatan, seterusnya gitu. Jadi tidak kita biarkan setahun sekali menanam tanpa perawatan,” jelasnya.

Tim PT KMB dan Pihak Yayasan Grojogan Sewu
Tim PT KMB dan Pihak Yayasan Grojogan Sewu

Adi menuturkan, salah satu alasan penanaman dilakukan di awal tahun karena curah hujan di kawasan tersebut cukup tinggi, sehingga baik untuk pertumbuhan tanaman.

“Ya, salah satu alasan kenapa kok dipastikan di awal Januari itu. Karena di sini curah hujannya masih tinggi. Jadi kalau bulan-bulan seterusnya itu kan musim panas, nggak cocok untuk pertumbuhan tanaman,” pungkasnya.

Tak berhenti sampai di sini, komitmen PT Kencana Maju Bersama untuk pelestarian lingkungan terus berlanjut. Termasuk keterlibatannya dalam kegiatan serupa Pengkayaan Tanaman dan Penyulaman Pohon ke XIV bersama Yayasan Grojokan Sewu Pecalukan tersebut.***

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top
error: Content is protected !!