Konsep hunian ramah lingkungan saat ini mulai banyak diterapkan di perkotaan. Bukan hanya sekedar menyediakan ruang terbuka hijau di luar atau di dalam rumah, rumah ramah lingkungan juga tersusun atas bahan bangunan yang mendukung prinsip ramah lingkungan. Salah satu material yang mendukung prinsip tersebut adalah atap ramah lingkungan.

Atap ramah lingkungan merupakan sebuah inovasi penutup atap bergelombang yang dibuat dari formula atap baja ringan. Formula atap baja ringan inilah yang membuat penutup atap ramah lingkungan berbeda dari penutup atap bergelombang lainnya, bahan kimia dari formula ini ramah lingkungan karena tidak mengandung fiber beracun seperti yang ada pada asbes dan seng.

Saat ini sudah banyak yang menggunakan penutup atap ramah lingkungan karena beberapa keunggulan yang dimilikinya. Apa saja keunggulan dari penutup atap ramah lingkungan? Langsung saja kenali 3 kelebihan utama dari penutup atap ramah lingkungan ini.

1. Lebih kuat dari penutup atap bergelombang lainnya

Dibandingkan dengan bahan asbes ataupun seng, penutup atap ramah lingkungan memang terhitung lebih ringan, tapi penutup atap ini mampu menahan beban lebih dari 100 kg. Hal ini dikarenakan gelombang mikro yang ada pada permukaan penutup atap ramah lingkungan menambah kekuatan dan fleksibilitas atap.

Formula plastik baja dan teknologi kekinian yang digunakan untuk membuat penutup atap ramah lingkungan juga membuat penutup atap ramah lingkungan ini lebih kuat dibandingkan penutup atap lainnya.

2. Pemasangannya mudah, hemat waktu dan biaya

Karena sifat penutup atap ramah lingkungan yang ringan membuat penutup atap ini mudah untuk dipasang sehingga menghemat waktu sekaligus biaya pemasangan. Jika kamu ingin memasang penutup atap ramah lingkungan ini sendiri, maka pastikan penutup atap ramah lingkungan yang digunakan memiliki ukuran yang sama.

Jika tidak, maka penutup atap tidak bisa terpasang secara rapat. Pengaplikasian penutup atap ramah lingkungan bisa lebih sempurna lagi jika menggunakan rangka atap baja ringan.

3. Terbuat dari bahan ramah lingkungan yang anti karat

Penutup atap ramah lingkungan telah lulus pengujian bahan bangunan yang bebas toxic (racun) maka penutup atap ini tidak membahayakan kesehatan kamu dan keluarga. Apabila atap ramah lingkungan tidak lagi digunakan, penutup atap ini masih bisa digunakan dan didaur ulang kembali.

Selain itu, atap ramah lingkungan juga terbuat dari bahan yang anti karat, pas sekali untuk rumah-rumah modern di daerah beriklim negara tropis yang kelembapan udaranya tinggi. Dengan penutup atap ramah lingkungan, atap rumah bebas dari korosi.

Itulah 3 kelebihan yang dimiliki penutup atap material ramah lingkungan. Apa kamu jadi tertarik menerapkan konsep hunian ramah lingkungan juga? Yuk langsung saja ganti atap rumahmu dengan atap ramah lingkungan!