Mungkin pertanyaan tentang apakah kuat baja ringan untuk genteng keramik sering terpikir. Keraguan ini bukan tanpa alasan. Terlebih lagi bobot ataupun ketebalan baja ringan seolah kurang kokoh menopang jenis genteng yang cukup berat.

Di sisi lain, baja ringan diklaim sebagai material yang kokoh Ketika dimanfaatkan untuk rangka atap rumah maupun bangunan lainnya.

Tetapi, apakah memang baja ringan cocok jika dipasangkan dengan genteng keramik? Berikut ulasan singkatnya.

Ketebalan Baja Ringan

Bisa dikatakan, bobot material atap (penutup) berbanding lurus dengan tebal rangka baja ringan. Artinya, semakin berat bahan genteng, maka rangka yang digunakan harus lebih tebal.

Pada umumnya, ukuran baja ringan untuk atap memiliki ketebalan antara 0,75 mm sampai 1 mm. Sementara untuk reng, tebal yang digunakan adalah 0,40 mm hingga 0,60 mm.

Sementara itu, jika menggunakan genteng keramik, minimal harus menggunakan reng dengan tinggi 30 mm.

Jarak Kuda Kuda

Jarak kuda kuda dipengaruhi oleh ketebalan dari rangka baja ringan (kanal C dan reng). Jadi, semakin tebal bahan, jarak kuda kuda perlu dibuat lebih renggang dari standar.

Selain itu, jenis material atap (penutup) juga ikut memengaruhi jarak kuda kuda yang harus diterapkan. Untuk genteng keramik, maksimal jaraknya harus 1,2 meter.

Jarak dan Ketinggian Reng

Struktur atap baja ringan biasanya terdiri dari kuda kuda, kemudian reng yang langsung dipasang di bagian atasnya tanpa gording atau kasau.

Karena hal tersebut, wajar jika beberapa orang merasa khawatir tentang ketangguhan atap baja ringan. Terutama jika dipasangkan dengan genteng keramik.

Padahal sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir. Terlebih lagi jika jarak dan ketinggian reng sudah sesuai syarat.

Dalam hal ini, jarak reng jika menggunakan genteng keramik adalah 265 mm. Sementara untuk ketinggian reng yang digunakan minimal 30 mm.

***

Melalui ulasan di atas, pada dasarnya baja ringan untuk genteng keramik cocok. Tetapi, teknik pemasangannya perlu diperhatikan. Baik dari ketebalan material, jarak kuda kuda, serta jarak dan ketinggian reng adalah hal penting guna menghindari risiko atap ambruk.