Penggunaan rangka baja ringan untuk berbagai jenis bangunan semakin populer, seiring dengan perkembangan dunia konstruksi.

Bukan tanpa alasan, ketenarannya tersebut karena baja ringan memiliki beragam keunggulan. Seperti kuat meskipun bobotnya ringan dan tipis, tahan karat, tidak menyebarkan api, hingga cepat dalam pemasangannya.

Namun, meskipun kualitasnya sudah teruji, terkadang kerusakan pada konstruksi rangka baja ringan dapat terjadi. Salah satu faktor yang kerap memengaruhinya adalah kesalahan kerja saat di lapangan.

Lalu, bisakah baja ringan yang rusak diperbaiki? Jika memang bisa, bagaimana caranya? Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Cek Kerusakan Rangka Baja Ringan

Sebelum memperbaiki rangka, cek kondisi kerusakan terlebih dahulu. Tujuannya agar perbaikan dapat dilakukan dengan cara yang tepat.

Mengingat rangka material ini menggunakan sistem knock down, maka jika satu bagian rusak, dapat diganti dengan bahan yang sama.

Cek Gambar Kerja

Selain kondisi kerusakan, pengecekan pada gambar kerja juga perlu dilakukan. Hal ini agar hasil dari perbaikan sama seperti bangunan ketika pertama kali dibangun.

Cek gambar kerja hasil perhitungan awal software. Kemudian lakukan pula pengecekan pada jenis, profil, panjang, serta jumlah sambungan pada rangka yang rusak.

Pemasangan Rangka Baja Ringan

Baja ringan yang dipotong harus sesuai dengan ukuran pada gambar kerja, tidak kurang atau pun lebih.

Jika rangka atap sudah turun atau melendut, panjang material harus tetap dipasang sepenuhnya seperti pada gambar awal.

Sebelum pemasangan, lepas sebagian penutup atap. Lakukan penyesuaian lagi apabila beban lendutan terlalu besar (antara 1-3cm). Jangan lupa topang bagian bawah rangka atap lebih dahulu sebelum memperbaikinya.

Pembongkaran Atap

Proses ini pelru disesuaikan dengan tingkat kerusakan. Jika lendutan terlalu besarm maka beban di bagian atas rangka harus dilepas.

Namun sebagai cacatan, semua perbaikan tersebut harus dilakukan oleh seorang profesional yang sudah memiliki sertifikat. Di samping itu, perhitungan juga harus sesuai dengan software baja ringan.

***

Pada dasarnya, baja ringan memang sudah teruji mutu dan kualitasnya. Namun, terkadang di lapangan masih ada kesalahan kerja, sehingga tidak jarang menyebabkan kerusakan pada rangka baja ringan.

Adapun untuk memperbaiki baja ringan rusak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti melakukan pengecekan pada gambar kerja, kondisi kerusakan, serta memerhatikan soal pemasangan dan pembongkaran atap.