Kegagalan dalam struktur baja ringan bisa dikatakan cukup sering terjadi. Kemungkinan terjadinya pun sama seperti pada proyek konstruksi lainnya.

Tidak hanya ada satu, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kegagalan terjadi. Sehingga untuk meminimalisir risiko tersebut, diperlukan adanya pencegahan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

Perencanaan Struktur Baja Ringan

Untuk menghindari gagal struktur, perencanaan merupakan hal utama yang perlu dilakukan. Cara yang dapat diterapkan adalah membuat perhitungan yang tepat dan akurat pada faktor penting.

Seperti pada tinggi dan Panjang kuda kuda baja ringan, jenis atap, sudut kemiringan, beban angin, hingga ukuran lebar reng.

Selain itu, perhitungan juga dilakukan saat ada elemen lain yang memengaruhi. Misalnya pemasangan water heater atau lainnya. Beban pekerja pun perlu dihitung.

Teknik Pemasangan

Faktor ini juga penting untuk mencegah terjadinya kegagalan struktur. Untuk itu, pilih tukang yang berpengalaman dan ahli dalam pemasangan baja ringan.

Adapun pemasangan yang sepurna adalah ketika melihat detail gambar, rencana kerja, serta senantiasa menyesuaikan dengan kondisi di lokasi proyek.

Konsultasi tentang Struktur Baja Ringan

Ketika memasnag konstruksi baja ringan, perbedaan ukuran sudut antara sistem pembuatan dinding dengan pemasangan material sering memunculkan masalah.

Begitu pula dengan pemasangan elemen lain. Seperti lokasi penempatan braket (pelat kaki), pemasangan pada tali angin, maupun penguat struktur di beberapa bagian dan jenis ikatan lain.

Struktur di bagian bawah atap, seperti dinding, kolom, atau ring balok, dimana ketikanya penting untuk menopang struktur lain pun terkadang bermasalah.

Karena itulah, konsultasi tentang segala permasalahan tersebut perlu dilakukan, baik dengan produsen maupun distributor baja ringan. Jika perlu, minta referensi dan rekomendasi dari hasil tes serta uji coba yang dilakukan di laboratorium. Tujuannya agar kualitas dan kekutan dari material semakin terjamin.

Koordinasi dengan Pihak Terkait

Setelah mendapatkan rekomendasi secara lengkap, buat sistem koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam proyek. Sehingga proses pemasangan rangka dan struktur berjalan lancer dan hasil sesuai dengan rencana.

***

Itulah beberapa cara menghindari kegagalan struktur baja ringan yang perlu diketahui. Selain tips di atas, jangan pernah mengurangi penggunaan struktur pada elemen yang fungsinya vital. Sebab, hal tersebut dapat membuat rangka lemah dan risiko bangunan ambruk bisa meningkat.

Penggunaan material berkualitas pun perlu dipertimbangkan. Selalu pilih bahan dengan mutu terjamin seperti baja ringan KENCANA yang sudah ber-SNI dan bergaransi.