Tidak hanya atap, dinding baja ringan pun mulai dikenal masyarakat untuk beragam model hunian. Termasuk rumah dengan konsep industrial.

Seperti kita tahu, beberapa tahun belakangan ini, desain rumah industrial sedang naik daun, baik untuk tempat tinggal, kafe, maupun bisnis.

Lalu, sebenarnya, apa itu rumah industrial? Pada intinya, konsep hunian ini lebih sederhana serta erat dengan gaya ‘mentah’ yang sering terlihat di pabrik, Gudang, maupun bangunan industri lainnya.

Dalam hal ini, penggunaan material seperti metal, termasuk baja ringan pun menjadi salah satu detail pada konsep rumah industrial.

Lantas, apa kelebihan dari material baja ringan, khususnya jika digunakan sebagai panel dinding pada rumah industrial? Berikut ulasannya.

Kokoh dan Awet

Biasanya, material yang digunakan dinding sama dengan atap baja ringan. Artinya, tebal baja dasar atau Base Metal Tickness (BMT) maupun massa lapisan anti karatnya (coating) sama.

Untuk dinding (penutup) yang berkualitas, bahan yang digunakan umumnya memiliki ketebalan baja dasar antara 0,20-1,00mm. Sementara massa lapisan Aluminium Seng-nya minimal AS 70.

Diketahui, kedua syarat tersebut berkaitan dengan tingkat kekokohan dari material baja ringan. Dimana semakin tinggi nilai massa lapisan Aluminium Seng, maka material tidak mudah berkarat.

Lebih dari itu, apabila tegangan tarikan dinding baja ringan memiliki grade G300 dan G550, berarti material tersebut juga semakin kokoh.

Estetika

Dari segi keindahan, material baja ringan untuk dinding yang tidak mudah berkarat tentu tampak lebih indah.

Bahan ini pun mendukung konsep bangunan industrial yang tampak sederhana dan terkesan ‘mentah’.

Aman dan Nyaman

Keamanan dan kenyamanan tentu merupakan factor penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih material untuk dinding.

Dalam hal ini, baja ringan dapat memberikan keuntungan berupa rasa aman dan nyaman ketika menggunakannya.

Seperti penutup dinding KENCANA yang memiliki beberapa keunggulan. Seperti adanya sistem tumpangan (overlapping) dan alur kapiler yang saling mengunci, sehingga benda asing dari luar tidak mudah masuk ke dalam ruang.

Adanya overlapping pun dapat mencegah rembesnya air hujan pada tembok yang berisiko membuat ruangan lebih lembab.

***

Pada dasarnya, dinding baja ringan cocok diterapkan untuk konsep rumah industrial. Hal ini mengingat desainnya yang sederhana dan terkesan ‘mentah’ yang sesuai dengan desain hunian tersebut.

Selain itu, material baja ringan pun memiliki beberapa keunggulan, yaitu dari segi kekokohan hingga keamanan dan kenyamanan.