Selama ini, baja ringan dinilai sebagai material yang kokoh dan tahan korosi, termasuk karat. Namun, apakah benar demikian?

Memang klaim tersebut tidak salah, karena material tersebut dilapisi oleh zat penahan karat. Sayangnya, jika lapisan terganggu, maka karat akan muncul yang semakin lama dapat menyebar.

Hal tersebut berarti, sebenarnya untuk mencegah munculnya karat pada material ini cukup mudah. Yaitu dengan menjaga permukan dari goresan atau faktor lain yang menimbulkan kerusakan.

Ada beberapa yang dapat dilakukan untuk mencegah permukaan baja ringan mengelupas. Seperti mengurangi kesalahan kerja, menghindarkannya dari air semen serta cairan asam.

Tetapi, jika sudah terlanjur tergores secara tidak sengaja? Untuk kasus ini, cat pencegah karat dapat dimanfaatkan.

Cara Memilih Cat Baja Ringan yang Tepat

Bukan hanya dapat membuat fasad bangunan semakin menarik. Secara teknis, cat pun dapat digunakan sebagai pelindung karat pada konstruksi bangunan logam.

Agar perlindungan maksimal, ada beberapa cara untuk memilih cat untuk material logam lapis Aluminium Seng ini.

  1. Pilih jenis cat anti karat primer (dasar). Fungsinya untuk mencegah proses korosi pada permukaan baja. Biasanya tidak gunakan langsung di ruang terbuka, kecuali apabila mengandung unsur seng. Penggunaannya pun dapat diikuti oleh cat pelapis perantara (intermediate) atau pelapis atas (top coat) yang umumnya berwarna kuning, oranye, abu-abu, merah, maupun putih.
  2. Cat pelapis perantara yang digunakan untuk menyempurnakan polesan cat primer. Mengingat biasanya pengecatan pada baja biasanya meninggalkan lubang-lubang kecil (pin hol atau missed spot). Di samping itu, cat ini juga untuk memberikan peralihan warna dari cat primer ke top coat supaya tidak menghasilkan efek bayangan. Sementara itu, top coat akan melindungi lapisan cat di bagian bawah serta menghadirkan warna yang dikehendaki.
  3. Jenis cat untuk merawat logam (metal treatment) yang biasa disebut cat dasar atau wash primer. Sering kali, wash primer dipoleskan dengan tebal minimal sekitar 15 mikron.

Berdasarkan ulasan di atas, pada dasarnya baja ringan memang perlu dilapisi cat anti karat guna mencegah kerusakan pada permukaannya.

Kendati demikian, pemolesan dengan cat bukan hal wajib pada jenis logam ini. Terlebih lagi jika baja ringan yang digunakan memiliki kualitas baik.

Seperti produk Kencana yang bukan hanya memiliki ketahanan terhadap korosi, termasuk karat cukup baik. Tetapi juga sudah terjamin kualitasnya dengan garansi dan label SNI.