Kanopi bisa dikatakan menjadi bagian dari bangunan yang fungsinya penting. Tidak heran, pemilihan material untuk membuatnya pun perlu diperhatikan.

Terkait hal tersebut, sering kali pertanyaan tentang manakah yang bagus antara baja ringan atau besi hollow untuk kanopi muncul.

Seperti diketahui, kedua material tersebut memang sering digunakan untuk kanopi sebagai pengganti kayu karena kekokohannya.

Lantas, jika diminta untuk memilih, produk mana yang lebih baik dipilih untuk kanopi? Baja ringan atau besi hollow? Berikut ulasannya.

Kecepatan dalam Pengerjaan

Berdasarkan kecepatan dan kemudahan, kanopi baja ringan ideal untuk Anda yang memiliki keterbatasan dana maupun waktu dalam pembangunan.

Sebab, pemasangan kanopi dari baja ringan cukup dirakit penggunakan baut khusus. Sementara perakitan kanopi besi hollow menggunakan mesin las.

Di samping itu, mengingat bobot baja ringan yang tidak seberat besi, tidak heran jika pengerjaannya akan lebih cepat. Bahkan, meskipun dilakukan oleh 3 tukang bangunan saja. Sehingga penggunaan dana pun dapat diminimalisir.

Ketahanan terhadap Karat

Seperti yang kita tahu, besi dan baja adalah kedua material yang berbeda. Dimana besi lebih mudah berkarat seiring dengan bertambahnya waktu. Berbeda dengan baja ringan yang lebih tahan terhadap karat.

Ketahanan baja ringan terhadap karat ini karena adanya lapisan Aluminium, Zinc, dan beberapa unsur lainnya.

Dana yang Diperlukan

Faktor dana adalah salah satu yang penting ketika akan memutuskan untuk memilih antara baja ringan atau besi hollow untuk kanopi.

Dalam hal ini, pemasangan baja ringan untuk kanopi secara keseluruhan cenderung akan lebih hemat. Sebagai contoh, baja ringan lebih tahan karat, sehingga akan lebih awet dan tidak perlu mengganti material baru. Artinya, dana yang dikeluarkan bisa diminimalisir daripada menggunakan besi hollow.

Dari segi pemasangan yang mudah dan cepat, baja ringan pun lebih unggul dibandingkan dengan besi hollow yang perlu dilas. Berarti, selain pembelian material, biaya tambahan untuk proses pengelasan juga diperlukan jika menggunakan besi hollow. Sementara untuk kanopi baja ringan tidak perlu.

***

Pada dasarnya, baja ringan atau besi hollow sebenarnya sama-sama bagus jika digunakan untuk kanopi. Namun, jika berdasarkan faktor-faktor di atas, maka baja ringan bisa dibilang merupakan material yang ideal untuk kanopi.