KENCANA® Group secara konsisten menunjukkan dedikasinya terhadap keberlanjutan lingkungan melalui program bertajuk “KENCANA® untuk Indonesia”. Seperti tahun-tahun…
Terdiri dari Apa Saja Struktur Kuda-kuda Baja Ringan?
Kuda-kuda merupakan penyangga utama dari struktur atap. Material pembuatnya pun beragam, salah satunya adalah baja ringan yang beberapa tahun belakangan ini mulai naik daun.
Dalam hal ini , struktur kuda-kuda baja ringan memegang peranan penting karena fungsinya bukan hanya memberikan bentuk pada atap rumah. Tetapi juga sekaligs menopang seluruh beban, termasuk penutup atap.
Konstruksi kuda-kuda atap baja ringan sendiri biasanya terdiri dari rangkaian batang berbentuk segitiga. Masing-masing pun bentuknya bisa berbeda satu sama lain, tergantung bobot dan bentuk penutup atap.
Meski berbeda, susunan rangka baja ringan tersebut tetap harus merupakan satu kesatuan. Sehingga tetap kokoh dalam memikul beban atap.
Adapun susunan struktur kuda-kuda baja ringan untuk rangka atap tersebut adalah sebagai berikut.
Murplat
Bagian ini digunakan sebagai dudukan kuda-kuda yang dibuat untuk membentuk atap serta membuat sistem kuda-kuda baja ringan menjadi satu kesatuan yang kuat.
Letaknya ada pada bagian paling luar bangunan. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika diletakkan di bagian dalam bangunan.
Ketinggin murplat harus sama satu sama lain. Namun pada kondisi tertentu, bisa saja balok tumpuan ketaknya tidak satu level.
Kuda-kuda
Terdiri dari beberapa batang baja ringan dalam berbagai ukuran yang disambung dengan Screw SDS, bagian ini diketkkan di atas murplat.
Jarak antar kuda-kuda maksimal umumnya 1,2 meter. Namun bisa saja lebih jauh, tergantung dari penutup atap yang digunakan.
Top Chord
Susunan ini berada di bagian atas kuda-kuda baja ringan yang biasanya merupakan tempat diletakkannya reng.
Menurut beberapa sumber, analisa menunjukkan bahwa batang ini selalu mengalami gaya tekan pada profil baja yang biasanya menggunakan profil Z.
Bottom Chord
Profil yang terletak di bagian bawah kuda-kuda ini biasanya menjadi tempat plafon dan penggantungnya. Kebalikan dari top chord, profil ini mengalami gaya tarik.
Web
Sebagai penghubung antara top dan bottom chord, terdapat bagian bernama ‘web’yang biasanya menggunakan profil C. Fungsi utamanya adalah untuk memperkuat beban. Sehingga beban pada kuda-kuda dapat ditopang dengan baik.
Screw SDS
Bagian ini merupakan sekrup khusus yang digunakan untuk menyambung top dan bottom chord hingga sambungan di murplat dan kuda-kuda.
Bracing
Dikenal pula dengan nama pengaku, bagian ini sangat penting. Terutama untuk seluruh struktur kuda-kuda agar dapat bekerja sebagai satu sistem rangka atap.
Menggunakan profil B, bracing terdiri dari beberapa tipe, seperti TC Bracing, BC Bracing, serta Diagonal Web Bracing.
Reng
Bagian yang menggunakan profil B ini untuk dudukan penutup atap. Pemasangannya melintang di atas TC dengan jarak tertentu dan sesuai dengan jenis genteng yang digunakan.
Biasanya, ukuran reng baja ringan juga tergantung dari jenis penutup atap yang digunakan dan jarak dari kuda-kuda.
Lisplang
Lisplang merupakan papan kayu atau terbuat dari material lain yang dipasang pada ujung atap sebagai pengakhiran dan melingtang di ujung overhang. Kemudian bagian ini dikuatkan menggunakan sekrup atau pun paku.
Reng Akhir
Menggunakan profil B, reng akhir berfungsi sebagai penguat posisi genteng agar tidak menunduk ke bawah.
Itulah beberapa bagian yang menyusun struktur kuda-kuda baja ringan. Meskipun bentuk dan profil yang digunakan berbeda, namun semuanya merupakan satu kesatuan.