Menciptakan rumah anti maling dapat dikatakan menjadi salah satu solusi saat modus pencurian dan perampokan semakin canggih.

Ada berbagai cara kreatif untuk membangun sistem keamanan tempat tinggal yang dapat dilakukan. Meski pada kenyaataannya, kini sudah banyak perangkat keamanan dengan teknologi canggih untuk menjaga hunian dimasuki maling.

Sambil menggunakan perangkat berteknologi, penerapan trik-trik kreatif pun akan lebih memaksimalkan tindakan pencegahan pencurian.

Lantas, bagaimana trik untuk menciptakan rumah anti maling yang dapat diterapkan? Berikut ulasannya.

Sistem Kunci Ganda

Satu perangkat kunci saja akan membuat rumah lebih rentan dimasuki pencuri. Biasanya, mereka tidak ingin terlalu menghabiskan banyak waktu dalam membobol pintu yang tertutup kunci dan gembok.

Itulah mengapa, peranan kunci ganda sangat diperlukan di sini. Bukan hanya pada pintu, jendela pun demikian. Pasang teralis pada bagian dalam jendela agar tidak mudah dibobol maling.

Teknologi Pemantau

Trik kreatif akan lebih maksimal dalam membuat hunian aman jika dipadukan dengan perangkat teknologi. Salah satunya seperti memasang alarm anti maling, kunci otomatis, hingga atau bahkan teknologi pemantau seperti CCTV.

Kini, teknologi pemantau sangat canggih. Bahkan dapat tersabung pada gawai, sehingga Anda dapat lebih mudah dalam memantau keadaan rumah yang kosong sekalipun.

Sistem Penerangan

Trik mudah dalam menciptakan rumah anti maling lainnya adalah terkait sistem penerangan. Hindari untuk membiarkan eksterior tempat tinggal tampak gelap di malam hari karena akan mempermudah aksi pencurian.

Anda dapat mamasang lampu di sudut gelap yang memungkinkan pencuri dapat mengaksesnya dengan mudah. Jika perlu, gunakan lampu pintar yang menggunakan teknologi sensor. Sehingga pencuri mudah terkecoh karena lampu ini hanya akan aktif ketika ada pergerakan dari seseorang.

Material Atap Rumah

Bukan hanya melalui pintu atau pun jendela. Tidak menutup kemungkinan maling akan masuk melalui atap rumah.

Dalam hal ini, penggunaan genteng metal pasir akan memperkecil kemungkinan maling membobol rumah. Dengan adanya interlock system, atap jadi semakin sulit untuk dibobol dari luar. Berbeda dengan genteng tanah liat yang lebih mudah diangkat.

Genteng Metal Pasir
Genteng Metal Pasir (doc. Kencana Indonesia)

Lebih dari itu, jenis penutup atap ini juga memiliki banyak keunggulan. Seperti Genteng Rocky Kencana yang merupakan genteng metal pasir dengan berbagai keunggulannya, yaitu kokoh, kedap suara, serta mampu meredam panas dengan baik.

Bahkan, genteng Kencana ini pun aman dari kebocoran karena memiliki profil cekungan yang lebih besar dengan daya tamping air lebih banyak. Kapiler pada overlapping samping pun membuat memaksimalkan fungsi dalam mencegah atap rumah bocor.

Itulah beberapa trik mudah dalam menciptakan rumah anti maling yang dapat Anda terapkan. Agar sistem keamanan rumah lebih maksimal Anda juga dapat menggunakan perangkat dengan teknologi canggih.