Seperti namanya, fasad rumah tropis biasanya diterapkan di wilayah yang memiliki suhu hangat seperti Indonesia.

Penggunaan fasad hunian di wilayah tropis sendiri lebih cocok jika dibuat pada bagian depan maupun samping. Fungsinya untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung dan masuk ke dalam rumah. Sehingga tempat tinggal terasa lebih sejuk dan lebih nyaman.

Guna mewujudkan fasad rumah yang tidak hanya menyejukkan, tetapi juga memiliki tampilan menawan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Secondary Skin

Konsep secondary skin atau kulit kedua pada bangunan sering diterapkan di wilayah beriklim tropis. Sebab, pembayangan (shading) menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah paparan sinar matahari.

Secondary skin sendiri merupakan lapisan luar dinding luar yang tidak menempel pada bagian tersebut.

Selain membantu mengatasi masalah suhu, elemen yang dipasang pada fasad ini juga akan membentuk dan mempertegas karakter bangunan.

Adapun material yang digunakan untuk elemen ini biasanya adalah kayu solid, kayu tiruan, besi hollow, bata roster, perforated metal, bambu, hingga tanaman.

Tanaman Rambat

Cara membuat fasad rumah tropis semakin menarik adalah dengan menambah tanaman rambat yang menjuntai dari atap hingga lantai. Bahkan hunian pun tampak lebih asri dan sejuk.

Berbagai jenis tanaman rambat yang bisa digunakan untuk memperindah fasad. Yaitu tanaman dollar, sirih, ivy, morning glory, mandevilla, hingga pothos scandes.

Vertical Garden

Selain tanaman rambat, menerapkan vertical garden juga dapat dilakukan. Namun, untuk mengaplikasikannya, perlu persiapan yang lebih kompleks. Seperti persiapan pot, media tanaman, tanaman yang akan ditanam, atau pun rak untuk membuatnya berdiri.

Bukan hanya membuat hunian tampak estetik. Vertical garden sederhana pun dapat berfungsi sebagai insulasi yang mampu menyerp panas.

Carport Baja Ringan

Mendengar namanya, pasti banyak orang yang menilai bahwa carport hanya digunakan untuk area parkir mobil. Padahal, elemen ini juga mampu membuat tempat tinggal semakin menarik.

Tidak hanya menggunakan kayu, material baja ringan berkualitas seperti merek KENCANA tentu dapat digunakan untuk menciptakan elemen satu ini.

Kita tahu, baja ringan belakangan ini bisa dibilang mulai menggeser popularitas kayu sebagai bahan untuk konstruksi bangunan. Sebab, material ini dinilai lebih kokoh, tahan rayap, tahan karat, hingga tidak merambatkan api.

Itulah mengapa, baja ringan menjadi bahan bangunan yang cocok jika diterapkan untuk carport yang sering terdampak perubahan cuaca.

***

Itulah beberapa cara mewujudkan fasad rumah tropis yang menawan dan membuat hunian lebih sejuk. Selain menambah tanaman, elemen lain seperti secondary skin hingga carport baja ringan juga dapat diterapkan.