Memilih material yang terbaik untuk furniture memang sebuah keharusnya ya, selain bahan yang kokoh bentuk atau desain yang estetik juga diperlukan ya. Kali ini Kencana akan menjelaskan tentang jenis-jenis metal yang sering digunakan sebagai bahan furnitur dan kelebihannya masing-masing.

Alumunium

Alumunium memiliki tampilan yang serupa dengan stainless steel, namun lebih ringan serta memiliki kekuatan yang lebih rendah. Selain menyerupai, alumunium juga cenderung murah sehingga sering digunakan sebagai pengganti baja dan stainless steel. Alumunium tidak berkarat, namun melalui proses oksidasi, alumunium dapat mengalami korosi.

Material yang ringan ini banyak dimanfaatkan menjadi jenis furnitur berbentuk lipat yang mudah dibawa kemana-mana, Meski ringan dan sering memiliki desain lipat yang efisien, aluminium tidaklah sekuat baja. Dengan harga yang jauh lebih murah, aluminium sangat cocok sebagai material pengganti baja. Penggunaan alumunium kerap menunjukan kesan elegan dan modern.

Stainless Steel

Stainless steel sering kita temui di rumah kita, dari peralatan makan, bak cuci, dudukan lampu, hingga material furnitur kita. Stainless steel atau secara harfiah baja tanah karat merupakan logam campuran dari karbon, besi, kromium dan logam lainnya. Material ini tahan dari timbulnya karat, oksidasi, dan korosi, sehingga material ini mudah untuk dirawat. Selain itu, stainless steel juga memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada alumunium.

Besi

Umumnya besi dibagi menjadi dua jenis, yaitu besi cor (cast iron) atau besi tempa (wrought iron). Seperti namanya, besi cor dibentuk dengan cara cairan besi dituang ke dalam sebuah cetakan sehingga berbentuk seperti yang diinginkan. Sedangkan besi tempa dalam pembentukannya dipukul – pukul dan dibengkokan setelah dipanaskan untuk mendapatkan bentuk yang diharapkan.

Material ini sangat cocok untuk digunakan sebagai furnitur. Namun, karena besi cenderung kasar, butuh perlakuan khusus untuk menjadikan besi sebagai bahan dasar furnitur yang baik dan menghilangkannya dari karat, sehingga harga cenderung lebih mahal dibandingkan aluminium.

Besi biasanya digunakan sebagai aksesoris perapian rumah, rak dan pot tanaman, tempat tidur bergaya rustic alami, dudukan lampu, dan lainnya. Tampilan besi sangat cocok untuk menghasilkan furnitur yang cocok untuk rancangan ruang yang alami, industrial, dan memiliki kesan terbuka. Namun, besi sangat mudah berkarat, sehingga harus dirawat dan diletakkan di tempat yang tidak berdekatan dengan air, suhu tinggi dan rendah, serta lembab.

Semoga bermanfaat sobat!