Mengenal Jenis Profil Baja Ringan untuk Atap

Rangka baja ringan tersusun dari profil baja ringan yang lentur dan ringan. Di samping itu, material ini juga dikenal lebih fleksibel dan praktis saat dipasang.

Bobotnya memang ringan. Namun, saat disusun menjadi rangka bangunan, baja ringan  justru mampu mengurangi beban bangunan, termasuk saat terjadi guncangan.

Kelebihan lain dari profil baja ringan ini adalah saat disusun menjadi rangka atap. Jika dirancang dengan tepat, maka material ini mampu menopang atap yang cenderung rawan runtuh dengan baik.

Guna mendapatkan profil baja ringan dengan komposisi tepat, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan bangunan.

Terkait hal tersebut, Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis profil baja ringan untuk atap seperti yang ada pada ulasan berikut.

Jenis Profil Baja Ringan Z

Bentuknya yang menyerupai hufur Z membuat material ini diberi nama profil Z. Fungsi utamanya adalah sebagai profil utama dalam penyambungan. Khususnya untuk struktur kuda-kuda pada rangka atap baja ringan.

Adapun titik beratnya berada pada bagian tengahnya. Inilah yang membuat profil Z dapat dengan mudah menyeimbangkan beban, baik di sisi kanan maupun kiri.

Profil Baja Ringan C dan W

Baik profil C maupun profil W dapat dikatakan menjadi pelengkap dari fungsi dan kekuatan profil Z. Bentuk dari kedua profil ini hampir sama. Bedanya, profil W berukuran lebih besar daripada profil C.

Perlu Anda ketahui bahwa baik profil Z, C, maupun W memiliki fungsi sebagai batang struktural yang ketabalannya mencapai 0,8 sampai 1 mm.

Jenis Profil Baja Ringan B

Rangka atap baja ringan memerlukan penyangga di bagian penutup atap atau dikenal dengan reng. Dalam hal ini, profil B yang didesain lebih tipis daripada lainnya dapat memenuhi fungsi tersebut.

Meskipun ringan dan tipis, namun profil B yang digunakan sebagai reng ini tetap kuat dan mampu menahan beban dengan baik.

Itulah beberapa jenis profil baja ringan yang dapat digunakan untuk atap rumah Anda. Memiliki bentuk dan fungsi berbeda, keempatnya akan membantu membuat rangka atap lebih kuat.