PT Kencana Maju Bersama (PT KMB) sukses meraih penghargaan “Outstanding Contribution in Economic Growth by…
Perkukuh Jiwa Kepemimpinan, KENCANA® Berpartisipasi dalam Training ‘360 Degrees Effective Leadership’
KENCANA® berpartipasi dalam training bertemakan “360o Effective Leadership” pada Jumat, 3 November 2023 di Meeting Room Ayola Sunrise Hotel Mojokerto.
Menurut Sujatno T. selaku Management Representative (MR) sekaligus pemateri, training kali ini merupakan seri terakhir dari serangkaian silabus pelatihan yang sebelumnya telah dirancang.
“360o leadership itu sebetulnya rangkaian terakhir dari serial training internal leadership kita. Dan 360o itu perlu disampaikan karena orang-orang yang berada pada posisi minimal middle management, lini pertama, supervisor dan junior manager itu harus tahu landasan kepemimpinannya. Bahwa dia itu sebetulnya nggak hanya memimpin anak buah, tapi juga memimpin atasan yang disebut leading up, memimpin rekanan yang disebut leading cross gitu, selain yang pasti bawahan. Maka dibutuhkan training materi itu,” terang Sujatno.
Bukan hanya sekadar menumbuhkan jiwa kepemimpinan para leader, training ini juga diharapkan dapat berdampak positif pada pelanggan.
“Tentu saja, karena perusahaan kayak kita apalagi di sektoral yang barang-barangnya bukan jasa gitu, maka pasti memiliki jaringan pelanggan. Maka harapannya, kalau dia bisa melakukan lead by themself, artinya sebelum memimpin orang kan mesti memimpin dirinya sendiri,” kata Sujatno.
“Lingkaran utama itu lingkaran yang di tengah itu, dirinya sendiri, baru mimpin ke atas, ke bawah, ke samping. Kalau dia bisa memimpin dirinya sendiri, punya pengetahuan, punya knowledge, itu artinya pasti mampu untuk memimpin “para pelanggan”. Akhirnya apa arahnya? Ya membuat mereka loyal. Nggak bisa membuat pelanggan loyal dan berdedikasi pada kita, kalau kita nggak punya gitu-gitu (knowledge), kalau kita hanya biasa-biasa saja,” lanjutnya.
Baca juga: KENCANA Peduli: Menyemai Harapan Melalui Rak Bunga dari Baja Ringan untuk YPAC
Sujatno berujar, training leadership ini merupakan bagian dari proses yang berujung pada kepentingan pelanggan. “Pasti dampaknya ke sana, arahnya pasti ke sana, ujungnya itu begitu (ke pelanggan). Hanya kita menjadi sasaran akhir, kayak bisnis ngomong, sasaran akhirnya kan keuntungan. Kita nggak pernah ngomong keuntungan. Tapi proses-prosesnya ini yang dibicarakan. Lha ini bagian dari proses,” ujarnya.
Lebih lanjut, training kali ini juga diharapkan berdampak pada produk KENCANA®. “Karena kita tadi sebut sektoral, ada produk yang tampak, yang tangible, mau nggak mau kita harus ngurusi itu, atau memperdalam atau memperkaya wawasan diri sendiri untuk mendorong produk itu lebih ya disukai dan membuat orang lebih loyal yang sudah mengambil kita,” pungkas Sujatno.***
This Post Has 0 Comments