Hunian modern pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah mezanin atau mezzanine, lantai tambahan di dalam bangunan yang umumnya merupakan ruang terbuka serta berada di antara lantai dasar dan langit-langit.

Lantai tambahan ini juga menjadi salah satu solusi untuk ruang ekstra hunian tanpa harus menambah lantai bangunan. Selain itu, keberadaannya akan membuat rumah semakin menarik.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan apa itu mezanin serta ulasan-ulasan lain tentang material mezanin yang akan membuat hunian Anda tampak lebih modern serta elegan ini.

Fungsi Utama

Berasal dari Bahasa Italia ‘mezzo’ yang artinya bagian tengah atau di tengah, sebagian besar orang mengira mezanin merupakan bagian dari langit-langit bangunan. Padahal sebenarnya lantai ini justru seperti balkon di dalam ruangan atau lantai tambahan.

Fungsi utamanya adalah menambah ruang di dalam suatu ruangan tanpa harus merombak rumah atau pun menambah jumlah lantai bangunan.

Karena umumnya bersifat semi terbuka, jenis lantai ini kurang cocok jika digunakan sebagai kamar tidur.

Sebaliknya, ruang tambahan ini lebih cocok jika digunakan sebagai ruang keluarga, ruang bermain anak, ruang kerja, maupun tempat menyimpan koleksi buku.

Ukuran Ideal

Idealnya, ukuran mezanin adalah sepertiga dari luas ruangan. Kendati demikian, Anda tetap harus memperhatikan tinggi langit-langit bangunan. Sebab, jika plafon cukup pendek, penambahannya justru akan membuat ruangan terlihat semakin sempit.

Akibatnya, selain berbahaya karena kepala akan mudah terbentur, sirkulasi udara dalam ruangan pun terganggu dan membuat hawa ruangan cenderung panas walaupun insulasi atap sudah ada di bangunan. Pastikan juga lantai tambahan ini mempunyai tinggi ruang layaknya ruangan normal, sekitar 2.7 hingga 3 meter.

Material Terbaik

Meskipun disebut sebagai lantai tambahan, bukan berarti Anda dapat mengabaikan material yang digunakan. Sebab, bagaimana pun mezanin tetap merupakan bagian dari bangunan rumah utama. Bahkan lantai tambahan ini menjadi ruangan yang digunakan sehari-hari oleh penghuni rumah.

Terkait hal tersebut, material yang dapat Anda pilih untuk lantai tambahan ini adalah kayu, baja ringan, atau pun beton ringan.

Selain itu, sirkulasi di lantai ini juga perlu diperhatikan mengingat tinggi ruang yang semakin terbatas. Untuk itulah tambahkan kipas angin pada dinding maupun sudut lantai.

Anda juga dapat menambahkan jendela pada salah satu sisi ruang tambahan ini supaya sirkulasi menjadi lebih lancar dan distribusi cahaya semakin baik.

Jadi bagaimana, Sahabat Kencana? Sudah menambah wawasan mengenai material bangunan? Baca juga artikel Kencana Indonesia jika ingin tahu lebih banyak seputar properti serta bahan bangunan lainnya.