Mezanin cukup popular dibangunan yang modern, Mezanin sendiri merupakan sebuah lantai tambahan di dalam bangunan. Posisi mezanin biasa dibangun di tengah dua lantai, antara lantai dasar dengan langit – langitnya. Luas lantai mezanin juga hanya sekitar sepertiga dari luar ruangan tempat yang kamu bangun.

Masih asing dengan istilah tersebut? Simak penjelasan dibawah ini yuk untuk mengetahui material mezanin yang cukup popular saat ini.

Asal-usul Kata Mezanin dan Fungsinya

Mezanin atau mezzanine berasal dari bahasa Italia ‘mezzo’ yang berarti bagian tengah atau di tengah. Fungsi utama dari lantai mezanin adalah menambah ruang di dalam suatu ruangan tanpa harus merombak rumah atau pun menambah jumlah lantai bangunan.

Lantai mezanin sifatnya semi terbuka sehingga kurang cocok untuk dimanfaatkan sebagai kamar tidur. Namun, ruang tambahan ini akan lebih cocok jika dimanfaatkan sebagai ruang keluarga, ruang bermain anak, ruang kerja, atau tempat menyimpan koleksi buku kesayangan.

Ukuran Ruangan pada Lantai Mezanin

Ukuran lantai mezanin idealnya sepertiga dari luas ruangan. Tapi, kamu harus memperhatikan juga tinggi langit-langit rumah. Pasalnya, jika langit-langit rumahmu tergolong pendek, lantai mezanin akan membuat ruangan terlihat semakin sempit. Selain berbahaya karena kepala akan mudah terbentur, sirkulasi udara dalam ruangan pun terganggu sehingga hawa ruangan cenderung menjadi panas walaupun insulasi atap sudah terpasang di rumahmu. Pastikan lantai mezanin mempunyai tinggi ruang layaknya ruangan normal, sekitar 2.7 hingga 3 meter.

Material yang Terbaik untuk Lantai Mezanin

Sebagai lantai tambahan, sebagian orang tidak banyak pikir dan memutuskan untuk menggunakan material seadanya untuk membangun lantai mezanin. Padahal, lantai mezanin tetap merupakan bagian dari bangunan utama rumah dan menjadi ruangan yang digunakan sehari-hari oleh penghuni rumah. Tentu material yang dipilih untuk membangun lantai mezanin tidak boleh sembarangan.

Beberapa material terbaik yang bisa kamu pilih adalah kayu, baja ringan, dan beton ringan. Pastikan juga material yang dipilih tadi menyatu sempurna dengan konstruksi bangunan rumah. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan lantai mezanin yang aman.

Sirkulasi udara di lantai mezanin tentu perlu diperhatikan, mengingat tinggi ruang yang terbatas. Tambahkan kipas angin seperlunya, pada dinding atau sudut lantai. Cobalah memasang jendela pada salah satu sisi lantai mezanin agar sirkulasi udara menjadi lancar dan pancaran cahaya alami dapat masuk ke ruang.

Jadi gimana nih sobat? Sudah sedikit menambah wawasan sobat mengenai material bangunan kan? Terlebih nih untuk sobat sobat yang akan merenovasi atau membangun rumah.