Tips Praktis Mengecat Dinding Rumah

Dinding rumah menjadi media paling krusial. Karena jika mendapat perawatan atau pengecatan yang salah akan membuat tampilan kurang menarik serta menimbulkan suasana yang seram, bahkan kotor.

Agar permukaan cat pada dinding rumah tidak mudah mengelupas, maka penggunaan plamir harus dibatasi, yaitu hanya untuk menutupi retak-retak rambut halus pada dinding. Karena sering kali kita melakukan kesalahan yakni menggunakan plamir sebagai lapisan cat dasar.

Hal ini karena bahan plamir tak dibuat untuk mengikat cat, sehingga jika terus digunakan pada proses awal pengecatan, justru akan mengakibatkan cat mudah terkelupas.

Pengecatan pada dinding pun harus dikerjakan dengan cermat. Apabila proses pengecatan dilakukan pada saat hujan, cat akan membutuhkan waktu lama untuk kering.

Begitu juga halnya apabila pengecatan dilakukan pada kondisi matahari sangat terik, hasilnya juga akan kurang bagus. Karena pengecatan di sisi permukaan dinding bisa jadi kering lebih cepat daripada sisi dalamnya. Kondisi ini berpotensi menyebabkan cat retak, menggelembung atau mengelupas.

Jadi, untuk melakukan pengecatan pada dinding, sebaiknya dilakukan saat sedang tidak hujan maupun matahari tidak bersinar terlalu terik.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Pengecatan Ulang?

Pengecatan ulang perlu dilaksanakan apabila kita merasakan dinding rumah sudah mengapur. Tanda-tanda kondisi seperti itu dapat dikenali dengan menyapukan telapak tangan ke permukaan dinding. Apabila telapak tangan ada bekas bubuk putih, maka itu berarti dinding perlu dicat kembali.

Selain memerhatikan waktu yang tepat untuk melakukan pengecatan ulang, Anda juga perlu memilih cat yang sesuai dengan material dinding.

Anda juga dapat memilih cat dinding yang sesuai dengan tema suasana rumah Anda. Lalu jangan asal-asalan saat mengecat rumah. Pastikan juga cuaca yang sedang bersahabat agar tidak merusak kualitas dinding rumah.

Dibalik bangunan yang indah, pastinya ada material yang berkualitas dan kuat. Percayakan material bangunan rumah Sahabat semua hanya pada Kencana Indonesia.

Ssetelah memilih bahan bangunan yang terbaik, Sahabat Kencana bisa memulai mendekor atau mengecat rumah sesuai dengan keinginan. Semoga bermanfaat!