Membuat ruang cuci di tempat sempit memang cukup menantang. Dimana tata letak mesin cuci dan barang-barang lainnya harus pas. Karena jika salah penempatan, rumah bisa saja terasa sesak, tidak nyaman, dan kurang enak dipandang.

Untuk mengatasinya, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan supaya ruang cuci atau laundry room dapat dibuat di area terbatas. Berikut ulasannya.

Beri Atap pada Ruang Cuci

Tidak hanya untuk tempat membersihkan pakaian, ruang cuci juga dapat digunakan untuk area menjemur. Idealnya, ruang jemur harus beratap, meski sebenarnya Anda dapat membuatnya tanpa atap.

Untuk meminimalisir biaya, Anda dapat menggunakan atap temporer yang terbuat dari fiberglass dengan rangka atap baja ringan.

Material fiberglass berfungsi sebagai pemantul panas secara tidak langsung menuju pakaian. Sehingga pakaian akan tetap kering meski beratap.

Keberadaan atap juga memiliki fungsi lain, yaitu mempertahankan warna kain supaya tidak mudah pudar. Keuntungannya lagi, jika turun hujan di saat Anda tidak di rumah, Anda tidak perlu khawatir pakaian akan basah.

Pilih Gantungan Baju yang Praktis

Salah satu solusi untuk membuat ruang cuci tetap rapi meski di area terbatas adalah mempertimbangkan desain gantungan atau rak pengering.

Selain membeli, Anda juga dapat mendesain gantungan baju yang membentang dari satu dinding ke dinding lain. Pilih material anti karat dan ringan seperti plastik atau pun baja ringan yang akan menjaga pakaian tidak mudah terkena noda dan jamur.

Manfaatkan Celah Kosong

Ruang cuci dan jemur mungkin tidak selalu terisi pakaian dan kain yang digantung. Jika ada celah kosong, manfaatkanlah sebaik mungkin untuk tempat penyimpanan.

Anda juga bisa membuat rak yang tersusun secara vertikal di atas mesin untuk menyimpan peralatan mencuci lainnya, seperti detergen, hanger, atau pun pelembut pakaian.

Itulah beberapa cara membuat ruang cuci di area terbatas. Tidak harus di balkon atau tempat terbuka di rumah, Anda juga dapat memanfaatkan sudut di kamar mandi atau celah hunian Anda yang lainnya.