Konstruksi baja ringan kini dapat digunakan pada banyak jenis bangunan, termasuk gudang. Umumnya, material ini juga dipilih sebagai rangka atap lantaran dinilai lebih efisien. Karena selain lebih hemat biaya, bahan ini pun sama kuatnya dengan baja konvensional.

Bahkan untuk gudang, baja ringan bukan hanya digunakan sebagai rangka atap saja. Tetapi juga struktur bangunan dengan material ini.

Mengapa Harus Baja Ringan?

Sesuai dengan namanya, bobot baja ringan memang tidak seberat baja konvensional. Meskipun demikian, daya tarik material bangunan ini tinggi. Bahkan dapat mencapai 550 Mpa (Mega Pascal). Itulah megapa, produk ini mampu diterapkan menjadi struktur bangunan, bukan hanya rangka atap.

Rekayasa konstruksi dan perhitungan yang tepat akan memungkinkan untuk dibuat bangunan gudang dengan bentang 24 meter dan panjang 90 meter. Sekalipun hal itu tanpa adanya kolom di tengah bangunan (clear span).

Dalam hal ini, umumnya material baja ringan yang digunakan untuk bangunan gudang adalah Grade G450. Sementara back to back merupakan sistem yang diterapkan.

Sistem ini maksudnya menggunakan 2 kolom dan rafter dalam satu titik. Dengan menerapkannya, maka  biaya yang dikeluarkan lebih efisien. Proses penyusunan atau perakitan elemen-elemen struktur yang telah dikerjakan untuk bangunan akan lebih cepat.

Kelebihan Baja Ringan untuk Gudang

Seperti yang kita tahu, penggunaan baja ringan untuk konstruksi bangunan cukup populer dan menggantikan material kayu. Tidak terkecuali untuk gudang.

Bukan tanpa alasan mengapa hal ini terjadi. Selain harga kayu semakin mahal dan keberadaannya terbatas, ada beberapa kelebihan baja ringan ringan. Sehingga banyak orang yang beralih pada material ini, yaitu:

  • Tahan Korosi. Baja ringan merupakan material yang tahan terhadap cuaca ekstrem. Bahkan ketahanannya terhadap korosi juga bagus, sehingga bangunan lebih kokoh dan tahan lama.
  • Sistem knock down atau bisa dibongkar pasang. Hal ini karena tidak ada proses pengelasan. Melainkan menggunakan baut khusus baja ringan untuk menyambungkan kedua material.
  • Proses pengerjaan relatif lebih cepat dan mudah. Karenanya, material baja ringan dapat digunakan untuk bangunan pre-fabrikasi.
  • Baja ringan tahan dan tidak merambatkan api. Sehingga cukup aman jika digunakan sebagai gudang yang menyimpan produk atau barang berharga.
  • Sifat pemuaian dan penyusutan relatif sangat kecil.

Itulah kelebihan konstruksi baja ringan untuk gudang.  Tidak hanya untuk rangka atap, namun material ini juga dapat digunakan untuk struktur bangunan.