Rumah menghadap barat terkadang dinilai kurang ideal karena menerima sinar matahari lebih intens dan kuat. Akhirnya, hawa dalam tempat tinggal terasa panas.

Sementara itu, banyak arsitek berpendapat bahwa rumah menghadap selatan atau utara lah yang proporsional. Namun masalahnya, peluang mendapat hunian yang arah hadapnya ideal tidak mudah. Bisa saja masih tersedia, tetapi sering kali Anda harus menyediakan dana lebih.

Jika sudah terlanjur memiliki rumah menghadap ke barat, Anda dapat menyiasatinya dengan cara-cara berikut. Tidak perlu bongkar total untuk melakukannya.

Ganti Warna Cat Rumah

Gambar Mengecat Rumah
Ilustrasi Mengganti Cat Rumah (Sumber: Opendoor)

Warna cat rumah ternyata juga memengaruhi hawa di dalam ruangan. Terutama warna gelap seperti hitam, abu-abu, cokelat gelap, dinilai mudah menyerap panas.

Ketika sinar matahari mengenai rumah sekitar pukul 14.00 sampai 16.00, panas akan tersimpan dalam dinding. Jika cat rumah berwarna gelap, dinding terasa lebih hangat hingga 6 sampai 8 jam ke depan.

Itulah mengapa, Anda perlu mengganti cat rumah dengan warna lebih terang. Atau paling mudahnya adalah memilih warna putih.

Tambah Secondary Skin

Secondary Skin
Lapisan Kedua Dinding Luar Rumah (Sumber: ArchDaily)

Secondary Skin dapat dikatakan merupakan lapisan kedua yang letaknya di luar bagian dinding luar. Biasanya elemen ini berupa kisi-kisi atap celah udara.

Keberadaan secondary skin ini akan menguntungkan. Sebab, sinar matahari yang masuk dapat tersaring lebih dulu, sehingga hunian terasa lebih sejuk.

Bukan hanya akan sebagai penangkal panas. Penambahan secondary skin ini juga kan membuat fasad rumah Anda lebih estetik.

Menanam Pepohonan dan Tanaman Rambat

Tanaman Rambat
Tanaman Rambat di Rumah (Sumber: Pinterest)

Tanpa perlu bongkar total, Anda dapat membuat rumah menghadap barat lebih sejuk dengan cara menanam pepohonan ataupun tanaman rambat.

Baik menambah pepohonan maupun tanaman rambat adalah cara yang paling sederhana dan murah. Terlebih lagi Anda akan mendapat keuntungan berlipat. Seperti rumah terasa lebih sejuk, lebih indah, hingga suplai udara bersih yang lebih baik.

Dalam hal ini, pilih jenis pohon yang cepat tinggi dan rindang seperti pohon mangga ataupun belimbing. Sementara untuk tanaman rambat ada banyak pilihan. Seperti tanaman dollar (Ficus pumila), janda merana (Vernonia elliptica), bunga alamanda, ataupun bougenville.

Menambah Kanopi Baja Ringan

Kanopi Baja Ringan
Kanopi (Sumber: Google)

Kanopi baja ringan kini menjadi pilihan banyak orang guna membuat hunian terasa lebih sejuk. Tidak terkecuali untuk rumah menghadap barat.

Rangka baja ringan yang digunakan untuk kanopi bukan hanya lebih kokoh dan tahan lama. Seperti halnya kanopi dari baja ringan Kencana, material ini memiliki daya pantul panas yang sangat baik. Sebab, bahan yang digunakan adalah Zinium.

Itulah beberapa cara membuat rumah menghadap barat tetap sejuk tanpa perlu melakukan bongkar total. Mengganti cat rumah dengan warna lebih cerah, menanam tanaman, menambah secondary skin dan kanopi baja ringan adalah beberapa solusinya.