Istilah bracing tentu sudah tidak asing di dunia konstruksi, khususnya yang terkait dengan atap baja ringan. Lantas, apa itu bracing atap?

Bracing adalah pengaku atau pengikat pada struktur atap baja ringan. Kita tahu memang material pengganti kayu ini memang kuat dalam menopang atap. Namun tetap saja, apabila pemasangannya kurang tepat akan berakibat fatal, bahkan meningkatkan risiko atap ambruk.

Pentingkah Bracing (Sistem Pengaku) pada Atap Baja Ringan?

Sebagai penutup sekaligus pelindung penghuni rumah dari panas maupun pengaruh dari luar, atap adalah elemen penting dalam bangunan.

Itulah mengapa, perlu untuk perencanaan serta penghitungan yang tepat dan matang ketika akan membangun atap.

Terutama pada atap baja ringan, bukan hanya menggunakan perhitungan struktur khusus dan pemilihan material. Sistem pengaku pun merupakan aspek penting agar atap tidak mudah ambruk.

Seperti diketahui, material rangka atap baja ringan cukup tipis. Sehingga meskipun profil yang terbentuk kokoh dan kuat, namun kekakuannya lemah. Di sinilah peran sistem pengaku diperlukan agar seluruh kuda-kuda dapat menjalankan fungsinya sebagai satu sistem rangka atap.

Jenis-jenis Bracing

Ada beberapa jenis sistem pengaku yang dapat diterapkan pada rangka atap baja ringan, yaitu sebagai berikut.

  • Top Chord Bracing. Berfungsi sebagai pengaku batang tekan, posisinya berada di atas kuda-kuda dan biasanya merupakan tempat peletakan reng.
  • Bottom Chord Bracing. Sebagai pengaku batang tarik, letaknya di bawah kuda-kuda dan biasanya dipasang di plafon dan rangka plafon. Biasanya, letak kemiringan jenis sistem pengaku ini mengikuti kemiringan plafon.
  • Diagonal Web Bracing. Fungsi utama jenis sistem pengaku ini adalah mendistribusikan beban dan memperkuat kuda-kuda. Bracing ini juga sebagai penghubung antara top chord dan bottom chord dan meneruskan gaya dari laterial tie.
  • Lateral Tie. Fungsi jenis bracing ini untuk mengurangi panjang tekuk web tekan. Sementara railing pada kuda-kuda standar pun difungsikan sebagai struktur pengurang panjang tekuk.

Melalui ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa bracing pada atap baja ringan merupakan faktor penting. Terutama untuk membuat atap lebih kokoh, mengingat fungsinya sebagai pengikat sehingga kuda-kuda dapat bekerja sebagai satu sistem rangka atap.