skip to Main Content
Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya +62811 3115 8000 info@kencanaindonesia.co.id

Melalui Training ‘Customer Satisfaction’, PT Kencana Maju Bersama Berkomitmen untuk Tingkatkan Pelayanan

Customer atau pelanggan bukan hanya sebagai pihak yang membeli produk maupun jasa suatu perusahaan. Justru peran pelanggan bagi kelangsungan sebuah usaha, lebih besar dari itu. Bahkan dengan adanya manajemen hubungan pelanggan yang baik, dapat mengantarkan perusahaan menuju kesuksesan.

Berangkat dari hal tersebut, PT Kencana Maju Bersama, distributor Baja Ringan KENCANA® berpartisipasi dalam training bertajuk “Customer Satisfaction” pada Selasa, 21 Mei 2024 di Ayola Sunrise Mojokerto.

Sujatno T., Management Representative sekaligus pemateri mengatakan, tujuan diadakannya training ini karena tema “Customer Satisfaction” merupakan ilmu yang masih sesuai diterapkan di perusahaan hingga kini.

Baca juga: Bangun Sinergi dan Perkuat Strategi Bisnis, PT Kencana Maju Bersama Gelar Pertemuan Nasional Para Kepala Cabang

Customer Satisfaction itu sebetulnya ini ilmu yang cukup lama digunakan perusahaan dan sampai sekarang masih relevan, karena memang perusahaan harus berorientasi pada pelayanan/kepada kepuasan pelanggan,”tutur Sujatno di akhir acara training.

“Karena itu sebetulnya menjadi inti, filosofi dari perusahaan. Karena pada dasarnya setiap perusahaan itu adalah service bussiness dan contoh-contohnya banyak. Kalau pada saat Anda handling complain / menangani komplain, keluhan-keluhan,  kan Anda harus bisa memuaskan dia/pelanggan tersebut sampai dia betul-betul terpuaskan atau komplainnya tersolusikan dengan baik,” jelasnya.

Bahkan, tak hanya pelanggan eksternal, pihak internal dari perusahaan pun perlu dianggap sebagai customer. “ Jadi, siapapun dalam perusahaan kita, pada saat dia itu meminta sesuatu kepada kita, harus menganggapnya sebagai customer. Itu yang dianggap internal customer. Dan motto the next proccess is our customer itu harus jalan di sana,” kata Sujatno.

Mengingat people satisfaction merupakan hal mendasar, Sujatno menyebut bahwa pekerjaan yang dilakukan dengan bahagia, turut berpengaruh terhadap bagaimana melayani customer.

Baca juga: Semakin Dekat dengan Masyarakat, KENCANA® Hadir di Seluruh Penjuru Indonesia

“Karena people satisfaction itu sebetulnya basic. Kalau Anda nggak happy, nggak puas dengan pekerjaan, Anda nggak akan bisa melayani customer dengan baik,” tuturnya.

“Makanya, employee atau people harus happy dulu bekerja. Dan itu sejujurnya memang ada peranan manajemen segala macam untuk membuat employee happy, supaya dia bisa melayani customer dengan happy juga. Sehingga customer akan menjadi terpuaskan,” tambahnya.

Lantas, agar customer satisfaction ini dapat terbentuk dan dipertahankan, Sujatno juga berujar jika perlu adanya kebijakan-kebijakan tertentu dari perusahaan.

Nggak ada yang nggak bisa sebetulnya. Makanya tadi dituntut kemauan dari semua, khususnya sebagai top management untuk melaksanakan itu. Sehingga perlu dibentuk semacam SOP atau regulasi-regulasi untuk supaya program customer satisfaction ini bisa jalan,” jelasnya.

“Karena kalau nggak ada perubahan apapun, kalau kita hanya seperti sekarang ini, hasilnya ya sekarang ini kita tuai. Tapi kalau kita mau lebih atau memang mau ke arah kepuasan pelanggan, ya mesti dibuat SOP-nya. Bisa dilaksanakan dengan komitmen dan konsistensi, khususnya para pimpinan, head department atau para manajer, senior, untuk secara komit dan konsisten menjalankan itu dengan dukungan dari pada manajemen sebagai pendukung utama,” tutup Sujatno.

Melalui pelatihan ini, PT Kencana Maju Bersama berharap dapat meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan. Dengan karyawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan yang prima, PT Kencana Maju Bersama yakin dapat mempertahankan kepercayaan pelanggan dan mencapai kesuksesan jangka panjang.***

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
error: Content is protected !!