Musim Hujan Tiba, Bagaimana Persiapan Merawat Rumah?

Merawat rumah ketika akan memasuki musim penghujan perlu segera dilakukan. Salah satunya dengan menangani atap rembes yang menjadi salah satu permasalahan utama ketika hujan tiba.

Sebelum rembes bertambah parah dan risiko atap bocor semakin meningkat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, di antaranya sebagai berikut.

Perbaiki Atap yang Rusak

Salah satu cara merawat rumah menjelang musim hujan adalah memperbaiki dan mengganti atap yang rusak atau lapuk karena usia.

Karena atap yang rusak atau lapuk dapat menyebabkan atap rembes atau lebih parahnya lagi meningkatkan risiko kebocoran.

Periksa Kondisi Plafon

Plafon rumah yang lapuk, lembab, atau mengalami kerusakan lain juga menjadi penyebab atap rembes. Bahkan, kualitas udara di dalam ruangan juga mengalami gangguan.

Itulah mengapa, memeriksa plafon ketika akan memasuki musim penghujan penting dilakukan. Jika beberapa bagian mengalami kerusakan, segera perbaiki agar tidak terjadi perembesan pada atap.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Dinding Lembab pada Rumah

Gunakan Waterproofing

Jika belum yakin atap rumah mampu menahan air hujan, maka penggunaan pelapis anti bocor atau waterproofing dapat dilakukan.

Banyak variasi pelapis anti bocor yang tersedia di pasaran. Namun cat pelapis anti bocor paling banyak digunakan untuk mengatasi atap rembes.

Periksa talang air

Jauh sebelum musim hujan datang, cobalah untuk memeriksa kondisi talang air, terutama pada bagian sambungannya. Apakah ada kerusakan atau celah di bagian ini. Sebab, celah pada talang akan meningkatkan risiko atap rembes.

Lakukan pula pembersihan talang secara rutin, karena sampah yang menumpuk akan mengganggu system drainase.

Maksimalkan Fungsi Ventilasi

Ventilasi yang kurang baik dapat menyebabkan sirkulasi udara tidak lancer. Sehingga atap lebih cepat kerobos dan akhirnya mengalami perembesan.

Apabila merasa ventilasi di rumah Anda kurang optimal, segera renovasi tempat tinggal Anda. Anda dapat menambakan jendela di atap atau bagian bawah genteng supaya rangka atap tetap kering.

Merawat rumah menjelang musim hujan memang perlu dilakukan agar risiko meningkatnya atap rembes dapat dikurangi.

Namun, sebenarnya sebelum masalah ini terjadi, melakukan pencegahan merupakan hal terbaik. Contohnya seperti pemilihan baja ringan yang tidak mudah lapuk untuk rangka atap.

Kemudian memastikan kemiringan atap sekitar 25 sampai kurang dari 40 derajat agar genteng tidak mudah merosot.

Ataupun memilih material penutup atap yang kokoh, tidak mudah lapuk, serta anti bocor seperti genteng metal Kencana.