Cara menghitung kebutuhan genteng metal untuk atap pelana dapat dikatakan menjadi hal penting untuk diketahui. Terutama bagi pemilik rumah atau bangunan dalam mempersiapkan dana untuk keperluan atap.

Seperti diketahui, kini genteng metal banyak digunakan. Bahkan memungkinkan untuk menjadi pesaing genteng tanah liat yang lebih dulu populer.

Hal tersebut mengingat jenis genteng dari bahan logam tersebut memiliki berbagai keunggulan. Seperti kokoh, tahan karat, mampu meredam suara dan panas, hingga dapat mencegah kebocoran.

Jika Anda berencana untuk menggunakan genteng metal sebagai penutup atap, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara menghitung kebutuhannya. Sebab penghitungan yang tepat akan membuat penggunaan dana teralokasikan dengan benar tanpa terbuang percuma.

Bagaimana Cara Menghitung Genteng Metal untuk Atap Pelana?

Selain karena populer diaplikasikan pada rumah-rumah di Indonesia, atap pelana memiliki keunggulan. Yaitu bentuknya sederhana, sehingga proses pembuatannya akan lebih mudah. Selain itu, kebutuhan gentengnya pun akan lebih sedikit karena hanya akan dipasang pada dua sisi pada bidang miring.

Apabila diperhatikan, struktur atap pelana terdiri dari dua bidang berbentuk persegi panjang yang disebut tembereng. Selain itu, terdapat dua bidang segitiga sama sisi yang dikenal dengan nama gunungan.

Adapun genteng metal yang digunakan nantinya akan disusun di atas tembereng sampai tertutup sempurna.

Terkait hal tersebut, sebelum menuju ke cara menghitung kebutuhan genteng metal untuk atap pelana, perlu diketahui terlebih dahulu luas atap rumah.

Sebagai contoh, sebuah atap rumah berukuran panjang 10 meter dan lebar 9 meter. Maka luasnya dapat dihitung menggunakan rumus panjang x lebar, yaitu 10m x 9m = 90 meter persegi setiap sisinya. Sementara luas total kedua sisi atap adalah 90m x 2 = 180 meter persegi.

Diketahui, umumnya setiap lembar genteng metal seperti merek Kencana, luasnya 1,62 meter persegi. Dari sini, jumlah kebutuhan jenis genteng ini adalah = luas atap : luas genteng = 180 : 1,62 = 111,11 atau 111 lembar genteng metal.

Itulah cara menghitung kebutuhan genteng metal untuk atap pelana. Dimana untuk atap berukuran 10m x 9m, dibutuhkan sekitar 111 lembar genteng metal.